Peristiwa Nasional

Persaingan Dunia Semakin Ketat, Jokowi: Kita Butuh SDM Berkualitas

Jumat, 16 Agustus 2019 - 15:57 | 32.95k
Presiden RI Joko Widodo. (dok/TI)
Presiden RI Joko Widodo. (dok/TI)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Presiden Jokowi menyebut, persaingan dunia yang semakin ketat dan disrupsi di berbagai bidang, membutuhkan kualitas SDM yang tepat.

"Kita butuh SDM yang berbudi pekerti luhur dan berkarakter kuat. Kita butuh SDM yang menguasai keterampilan dan menguasai ilmu pengetahuan masa kini dan masa depan," ujarnya.

Menurutnya, pendidikan harus berakar pada budaya bangsa memperjuangkan kepentingan nasional dan tanggap terhadap perubahan dunia. Keluarga dan lembaga pendidikan menempati peran sentral dalam pendidikan anak-anak di Indonesia.

Budi pekerti sopan santun toleransi dan kedisiplinan, kata Jokowi, termasuk kebiasaan mengantre dengan sabar dan teratur harus ditanamkan sejak dini.

Dirinya pun meminta agar membiasakan mandiri, percaya diri, gotong royong dan saling peduli harus kuat ditanamkan dalam pendidikan dasar.

"Mencari sumber belajar sendiri, berpikir kritis, dan tidak mudah terhasut problem solving harus sudah tertanam kuat pada pendidikan menengah kita," ujar Presiden.

Dijelaskan Presiden Jokowi, 13 keterampilan vokasional yang akan dibutuhkan pasar the emerging skills harus sudah dilatihkan sejak pendidikan menengah ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES