Wisata

Peringati HUT RI, Warga Desa Gunungsari Bumiaji Gelar Festival Kemul Sarung

Jumat, 16 Agustus 2019 - 13:42 | 164.49k
Desa Gunungsari menggelar Festival Kemulan Sarung untuk memperingati HUT ke-74 RI 74. (foto: Istimewa)
Desa Gunungsari menggelar Festival Kemulan Sarung untuk memperingati HUT ke-74 RI 74. (foto: Istimewa)

TIMESINDONESIA, BATU – Jangan lupa bawa sarungmu saat datang ke Festival Kemul Sarung di Lapangan Brumbung, Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur yang dilaksanakan Sabtu - Minggu (17-18/8/2019) untuk memperingati HUT RI ke 74.

Ya, setiap pengunjung yang datang ke Festival ini wajib membawa sarung. Cara ini dipilih warga Desa Gunungsari untuk memeriahkan HUT RI ke 74 sekaligus mengangkat kembali tradisi warga yang sudah tenggelam ditelan jaman. 

Dahulu, warga Desa Gunungsari selalu menggunakan sarung untuk beraktivitas, meskipun mereka sudah menggunakan celana, sarung tetap digunakan, karena digunakan untuk selimut. 

Festival-Kemulan-Sarung-b.jpg

"Kemulan sarung itu ada filosofinya, menjaga apa yang ada di dalamnya, tubuh dikemuli, artinya menjaga tubuh supaya tetap hangat. Sama seperti upaya kita menjaga segala potensi yang ada di Desa Gunungsari dan kebersamaan warga masyarakatnya," ujar Ketua Panitia, Septian Adi Kurniawan. 

Sesuai dengan temannya, Amurwabumi Nuswantara yang berarti menjaga bumi Nusantara, pesan-pesan menjaga bumi dan mengangkat keharmonisan bermasyarakat lewat Sengkuyung Bumiaji terus dilakukan. 

Rangkaian kegiatan dilaksanakan mulai dari Upacara Bendera lomba tumpeng, paduan suara bapak-bapak, bazar Nusantara, lomba anak-anak dan berbagai lomba yang menggunakan sarana sarung. 

Berbagai seni tradisional juga dilaksanakan mulai dari kesenian jaran dor dan parade Sanduk, kesenian pring cucuk tali iratan, drama kolosal hingga mlaku melayu Jelajah Desa Gunungsari. 

"Ada juga lomba fotografi dan videografi tentang potensi Desa Gunungsari," ujarnya. 

Karena itu, jangan lupa bawa sarungmu saat datang ke Festival Kemul Sarung di Lapangan Brumbung Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji, yang dilaksanakan Sabtu - Minggu (17-18/8/2019) untuk memperingati HUT ke-74 RI.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Batu

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES