Kesehatan

Sulit Dideteksi Sejak Dini, Ini Ciri Penyakit Jantung yang Harus Diwaspadai

Jumat, 16 Agustus 2019 - 05:02 | 94.14k
Ilustrasi. (foto: Istimewa)
Ilustrasi. (foto: Istimewa)

TIMESINDONESIA, JAKARTAPenyakit jantung bisa terjadi pada siapa saja, namun lebih sering ditemukan pada pria. Fakta terbaru menyebutkan bahwa saat ini gangguan kesehatan ini tidak hanya menyerang pria berusia tua, tapi juga pada pria yang masih berusia muda. Apa saja ciri-ciri penting penyakit jantung?

1. Nyeri dada sebelah kiri

Jantung berada di dada sebelah kiri. Apabila muncul rasa nyeri di bagian tersebut, ini bisa jadi pertanda bahwa ada yang salah dengan kesehatan jantung Anda. 

Rasa nyeri yang muncul umumnya akan terasa seperti ditekan, ditindih benda berat dan diremas. Tidak hanya itu, karena posisi jantung yang ada di sebelah kiri, rasa nyeri juga bisa menjalar ke bagian tubuh sebelah kiri, seperti lengan, leher dan punggung.

2. Sesak napas

Akibat gagal memompa darah ke seluruh tubuh termasuk jantung, penderita penyakit jantung biasanya akan mengalami sesak napas. Jika hal ini sampai terjadi pada diri Anda, jangan panik atau bergerak terlalu banyak. Lebih baik bersikap tetap tenang dan berusaha untuk bernapas dengan normal.

Penyakit jantung adalah kondisi yang tergolong sulit untuk dideteksi sejak dini. Oleh karena itu, jika Anda merasa mengalami hal-hal yang berkaitan dengan gangguan kesehatan ini, berkonsultasilah lebih lanjut pada dokter agar bisa mengetahui diagnosis pasti. (*)

sumber: Klik Dokter

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES