Peristiwa - Daerah

Idul Adha, Aktivis KAHMI Banyuwangi Jadi Jagal Kurban

Idul Adha, Aktivis KAHMI Banyuwangi Jadi Jagal Kurban Aktivis KAHMI Banyuwangi menggelar kegiatan berbagi hewan kurban ke masyarakat. (Foto: Roghib Mabrur/TIMES Indonesia)
Kamis, 15 Agustus 2019 - 10:56

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Hari Raya Idul Adha 2019 dimanfaatkan oleh Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Banyuwangi untuk berbagi kebahagiaan ke sesama, salah satunya dengan membagikan daging hewan kurban ke masyarakat yang membutuhakan. KAHMI Banyuwangi pun rela jadi jagal kurban demi tujuan mulia tersebut.

Penyembelihan hewan kurban sendiri dilaksanakan KAHMI Banyuwangi hari selasa tanggal 13 Agustus 2019 kemarin , Sebanyak 3 ekor sapi dan 1 ekor kambing pun tersembelih, Agenda sosial ini memang selalu digelar setiap tahun, tentunya dengan maksud saling berbagi ke sesama manusia. Penyembelihan dilaksanakan di pekarangan rumah salah satu anggota KAHMI  di Kelurahan Bakungan, Kecamatan Glagah, Banyuwangi. Turut hadir anggota KAHMI Banyuwangi sebanyak 15 orang dan juga turut hadir pula sesepuh KAHMI Banyuwangi Abah Nur (74).

KAHMI-Banyuwangi-2.jpg

"Acara ini harus selalu diadakan setiap tahun karena untuk kepentingan bakti sosial," ucap Abah Noer panggilan akrabnya, Kamis (15/08/2019).

Abah Noer menjelaskan daging kurban ini akan dibagikan ke daerah kalipuro yang mana diberikan bagi kaum fakir dan miskin yang memang membutuhkan daging kurban, karena daerah Kalipuro kebanyakan orang-orang yang memiliki hewan ternak kambing atau sapi, namun jarang menikmati dagingnya.

"Ini harus tepat sasaran, disana banyak orang yang ngopeni hewan hurban tapi tak pernah merasakan daging kurban,  jadi daging qurban ini memang untuk orang yang membutuhkan," tegasnya.

KAHMI-Banyuwangi-3.jpg

Abah Noer berharap acara ini terus digelar dan kedepan partisipasi berqurban lebih banyak, serta tepat sasaran.

Kegiatan penyembelihan ini sudah rutin dilaksanakan 3 tahun berturut-turut dengan pembiayaan swadaya anggota KAHMI. Tahun kemarin sebanyak 1 ekor sapi dan 1 ekor kambing, sedangkan tahun ini meningkat sebanyak 3 ekor sapi dan 1 ekor kambing dan sebanyak 300 bungkus yang akan dibagikan di wilayah Kalipuro.

KAHMI-Banyuwangi-4.jpg

Selain penyembelihan hewan kurban, agenda yang sering dilakukan oleh KAHMI saat memperingati ulang tahun di bulan september yaitu bakti sosial seperti membagikan sembako ke pada orang yang membutuhkan dan pernah melakukan sunatan massal di daerah Muncar, biasanya seusai agenda jalan sehat di Taman Blambangan, Banyuwangi. (*)

Jurnalis : Roghib Mabrur
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Banyuwangi

Komentar

Loading...
Registration