Peristiwa - Daerah

Tahapan Hanya Dua Bulan, 57 Desa Ikuti Pilkades Serentak di Kabupaten Madiun

Tahapan Hanya Dua Bulan, 57 Desa Ikuti Pilkades Serentak di Kabupaten Madiun Sosialisasi pilkades serentak di Kabupaten Madiun digelar di Pendapa Muda Graha Pemkab Madiun. (Foto: Yupi Apridayani/TIMES Indonesia)
Kamis, 15 Agustus 2019 - 09:33

TIMESINDONESIA, MADIUNPilkades serentak di Kabupaten Madiun bakal terlaksana bulan Oktober 2019. Sebanyak 57 desa dipastikan akan memilih kades baru. Tahapan pilkades dijadwalkan hanya cukup singkat yakni dua bulan.

"Tahapan pilkades tidak terlalu panjang dan cukup dua bulan. Saya berharap Madiun yang kondusif ini tidak terganggu dengan adanya konstalasi pilkades saya,"  ujar H. Ahmad Dawami, Bupati Madiun, saat membuka sosialisasi pilkades serentak 2019 di Pendapa Muda Graha Pemkab Madiun, Rabu (14/8/2019) malam.

Sosialisasi-pilkades-serentak-2.jpg

Bupati mengatakan kegiatan sosialisasi  merupakan tahap awal  pelaksanaan pilkades serentak. Inti kegiatan adalah menyampaikan peraturan bupati (perbup) yang baru saja diteken kepada masyarakat.

"Perbup baru ditandatangai dan disosialisaikan hari ini. Regulasi yang kita buat ini sudah kita pikirkan dan kita pertimbangkan semua," jelas bupati.

Pada pelaksanaan tahapan, bupati meminta jajaran muspika melakukan monitoring, pengawasan, pembinaan dan lainnya. Bagi warga desa serta para calon kades yang akan mengikuti pemilihan diharapkan menjaga situasi tetap aman dan tidak ada permusuhan.

"Saya berharap pilkades tidak menjadi sebab permusuhan. Kita sudah biasa dihadapkan proses demokrasi. Tidak musim lagi habis pemilihan tidak saling menyapa," kata Bupati Madiun.

Selain menyampaikan materi tentang perbup, sosialisasi  pilkades serentak di Kabupaten Madiun juga menghadirkan sejumlah pihak sebagai pemateri. Antara lain dari kepolisian, TNI, kejaksaan dan pengadilan negeri setempat. Peserta sosialisasi adalah perwakilan kades dan Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) serta muspika. (*)

Jurnalis : Yupi Apridayani
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Madiun

Komentar

Loading...
Registration