Gaya Hidup

Tips Mudah Mencegah Gigitan Nyamuk saat di Rumah

Tips Mudah Mencegah Gigitan Nyamuk saat di Rumah ILUSTRASI - Digigit Nyamuk. (FOTO: Blibli.com)
Kamis, 15 Agustus 2019 - 07:14

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Nyamuk biasanya menggigit pada saat siang dan malam, baik di luar maupun dalam ruangan. Serangga yang satu ini biasanya mencari tempat yang hangat ketika suhu mulai dingin. Jika merasa rumah Anda belum terbebas dari serangan nyamuk, berikut beberapa cara yang bisa Anda ikuti untuk mencegah gigitan nyamuk

1. Menggunakan kipas angin

Nyamuk ternyata merupakan binatang yang tidak terlalu bisa terbang. Itu sebabnya, salah satu cara mencegah gigitan nyamuk adalah dengan menggunakan kipas angin.

Angin yang diciptakan mungkin akan membuat kemampuan terbangnya terganggu. Jika Anda berdiri atau duduk di dekat kipas angin, kemungkinan besar nyamuk akan kesulitan menggigit Anda. 

2. Mengoleskan minyak peppermint

Menurut sebuah penelitian tahun 2011, peppermint termasuk ke dalam salah satu yang mampu menjadi pengusir nyamuk. Tanaman ini terbukti dapat menjadi cara mencegah gigitan nyamuk, termasuk Aedes aegypti  selama 45 menit. 

Ekstrak tumbuhan peppermint ini dijadikan minyak esensial agar bisa dioleskan ke lengan atau area tubuh yang Anda inginkan. Cara pemakaiannya pun mudah, Anda cukup mencampurkan minyak peppermint dengan lemon agar mendapatkan aroma mint yang sempurna. 

3. Rutin membuang sampah

Sampah yang menumpuk di sudut ruangan dan membuat lantai lembap dapat menjadi sarang nyamuk. Supaya Anda dan anggota keluarga lainnya bebas dari anacaman digigit nyamuk, jangan lupa rutin membuang sampah ke tempat pembuangannya.

Selain itu, memisahkan sampah yang basah dengan kering pun dapat dilakukan untuk mempermudah Anda ketika memilih dan menyortirnya. 

4. Memanfaatkan tanaman sereh

Kandungan alami yang biasa ada di losion anti nyamuk adalah sereh. Jika Anda ingin memakai cara yang alami untuk mencegah gigitan nyamuk, Anda bisa menggabungkan minyak sereh dengan minyak esensial lainnya. 

Salah satu minyak esensial yang dianjurkan untuk dicampurkan dengan minyak sereh adalah minyak kulit kayu manis. Kombinasi dari keduanya ternyata dapat menghasilkan penangkal nyamuk yang cukup kuat. 

5. Membersihkan genangan air

Tempat sampah yang lembap, genangan air, dan kolam yang tidak terurus dapat menjadi sarang nyamuk. Oleh karena itu, membersihkan genangan air di halaman dan dalam rumah dapat membuat nyamuk enggan berkembang biak di sana. 

Sebenarnya, cara paling ampuh untuk mencegah gigitan nyamuk adalah membasmi sarang nyamuk. Oleh karena itu, menjaga kebersihan rumah dan melakukan fogging 3-6 bulan sekali adalah langkah yang cukup tepat. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : Hello Sehat

Komentar

Loading...
Registration