Gaya Hidup

Suka Konsumsi Makanan Manis saat Stres, Ini Alasannya

Suka Konsumsi Makanan Manis saat Stres, Ini Alasannya ILUSTRASI. (FOTO: medicalnewstoday.com)
Kamis, 15 Agustus 2019 - 06:05

TIMESINDONESIA, JAKARTAStres bisa membuat aktivitas seseorang terganggu. Stres juga bisa mempengaruhi kebiasaan seseorang. Salah satunya adalah membuat seseorang lebih senang mengonsumsi makanan manis dan berkalori tinggi. Setelah konsumsi makanan dan minuman manis, rasanya memang lebih tenang dan nyaman.

Dilansir dari nationalgeographic.co.id, penelitian mengatakan bahwa mengonsumsi makanan manis atau mengandung gula dapat menurunkan jumlah kortisol di dalam tubuh. Sehingga, respons otak dalam menanggapi stres akan ikut membaik. 

Perlu Anda tahu, otak manusia membutuhkan energi agar bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Dan, asupan energi itu berasal dari karbohidrat atau gula (glukosa). Tak heran, saat otak kekurangan asupan yang mengandung zat tersebut, ditambah perut juga dalam keadaan kosong, Anda akan lebih mudah stres dan sulit fokus karena fungsi otak ikut menurun. 

Tak sebatas itu, mengonsumsi makanan manis juga bisa merangsang pelepasan hormon dopamin dan serotonin. Dengan hadirnya kedua hormon tersebut, Anda akan merasa lebih bahagia dan senang sehingga stres bisa segera hilang.

Meski mengonsumsi makan makanan manis saat stres adalah hal yang lumrah, Anda harus tetap membatasi porsi agar tidak berlebihan. Selain itu, Anda juga tidak boleh sembarangan memilih makanan manis.

Sebaiknya Anda memilih makanan manis yang lebih sehat seperti buah-buahan ketimbang es krim, kue, cokelat, atau sejenisnya. Ingat juga bahwa buah yang dipilih tidak boleh yang kadar gulanya terlalu tinggi, seperti mangga atau durian. Akan lebih baik bila Anda memilih potongan apel atau potongan semangka yang terasa manis dan segar.

Selain buah, Anda juga boleh mengonsumsi kacang-kacangan seperti kacang almond panggang yang biasanya sudah bersalut gula. Jangan lupa untuk tetap memperhatikan porsi agar tidak berlebihan.

Itu dia alasan mengapa Anda suka makan manis saat stres. Agar Anda tak terlalu bergantung dengan minuman atau makanan manis, lebih baik belajar untuk mengelola stres dengan melakukan hobi yang disenangi, rekreasi, atau meditasi. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : klikdokter.com

Komentar

Loading...
Registration