Selasa, 17 September 2019
Kesehatan

Bukan Bumbu Dapur Biasa, Bawang Putih Bisa Menunda Pikun?

Bukan Bumbu Dapur Biasa, Bawang Putih Bisa Menunda Pikun? ILUSTRASI - Bawang Putih. (FOTO: Hello Sehat)
Kamis, 15 Agustus 2019 - 05:00

TIMESINDONESIA, JAKARTABawang putih tidak hanya berfungsi sebagai bumbu dapur. Bawang putih juga bermanfaat untuk kesehatan, termasuk otak. Bahkan ada yang meyakini bawang putih bisa bermanfaat untuk menunda pikun. Benarkah?

Bawang putih sendiri mengandung antioksidan kuat yang mampu mendukung mekanisme perlindungan tubuh terhadap kerusakan oksidatif pada otak akibat radikal bebas. Alhasil, bawang putih bisa berperan dalam melindungi fungsi otak, bahkan mampu meningkatkan kemampuan memori dan fungsi kognitifnya dalam waktu yang panjang.

Oleh sebab itu, dengan mengonsumsi bawang putih secara rutin, potensi dari gangguan fungsi kognitif pun dapat diminimalkan. 

Beberapa peneliti dari University of Louisville melakukan sebuah studi dengan menggunakan objek tikus yang merepresentasikan manusia berumur 56-69 tahun. Objek penelitian ini diberikan asupan suplemen allyl sulfide, salah satu komponen yang terkandung dalam bawang putih.

Hasil pengamatan menunjukkan bahwa tikus yang mendapat asupan allyl sulfide memiliki memori jangka pendek dan jangka panjang yang lebih baik ketimbang tikus yang tak diberikan asupan tersebut. Selain itu, efek positif lain yang juga ditemukan adalah munculnya gas hydrogen sulfide yang dihasilkan oleh allyl sulfide. Gas ini bisa berperan untuk pencegahan peradangan usus. 

Setelah mengetahui manfaat bawang putih untuk kesehatan, termasuk untuk menunda pikun, tak ada salahnya untuk mulai mencoba mengonsumsinya secara rutin. Meski Anda dan banyak orang lainnya mungkin tak terlalu menyukainya karena cita rasa aromanya yang kuat, bawang putih sangat aman untuk dikonsumsi dalam keadaan mentah. Jika Anda tetap kesulitan karena rasanya yang pedas dan getir, Anda dapat mengolahnya terlebih dahulu. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : klikdokter.com

Komentar

Registration