Peristiwa - Daerah

Lima Pesan Sekjen Kemenag RI di Kompetisi Sains MadrasahTingkat Provinsi NTB

Lima Pesan Sekjen Kemenag RI di Kompetisi Sains MadrasahTingkat Provinsi NTB Sekjen Kemenag RI (kanan) Wali Kota Mataram Ahyar Abduh (kiri) (FOTO: Pauzan Basri/TIMES Indonesia)
Rabu, 14 Agustus 2019 - 23:23

TIMESINDONESIA, MATARAMSekjen Kemenag RI Prof. Dr. Nur Kholis Setiawan, MA berpesan kepada seluruh peserta, siswa dan santri yang hadir di acara pembukaan Kompetisi Sains Madrasah tingkat Provinsi NTB agar memegang lima prinsip karakter ketika sudah menjadi alumni di madrasah masing-masing. 

"Alumni madrasah harus memiliki sifat tawaddu, yang artinya seseorang yang punya ilmu bukan makin sombong dan jumawa atau pongah, namun juga harus tetap rendah hati," katanya saat membuka Kompetisi Sains Madrasah tingkat Provinsi NTB di Lapangan Umum Sangkareang Kota Mataram, Rabu (14/8/2019).

Selanjutnya adalah Tanwim. Artinya kesiapan diri untuk bersinergi, bersama sama. Bahwa segala sesuatu itu tidak bisa diselesaikan dengan sendirian. Butuh kerjasama antarteman dan orang lain. 

"Ketiga adalah Nidha, yaitu responsif, sebagai generasi millenial masa kini tentu, para siswa hari ini akan menjadi pemimpin dimasa depan, sangat dibutuhkan yang cepat tanggap dalam perubahan, cepat merespon segala," lanjutnya.

Keempat adalah All, yang artinya memarifatkan orang lain, mudah untuk berbagi dalam segala hal. Suka berbagi dalam mencerdaskan orang lain dan lingkungan sekitar. 

"Dan yang terakhir, yang kelima, adalah para alumni madrasah nantinya diharapkan mampu bersikap proporsional, namun juga harus sesuai dengan situasi dan kondisi. Ketika membutuhkan kebersamaan maka lakukan secara bersama, namun ketika membutuhkan keputusan yang harus dilakukan dengan sendiri maka laksanakan dan jalankan kebijakan itu," imbuh Sekjen Kemenag RI. (*)

Jurnalis : Pauzan Basri (MG-94)
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Mataram

Komentar

Loading...
Registration