Peristiwa - Nasional

Mufidah Jusuf Kalla Apresiasi Dekranasda NTB

Mufidah Jusuf Kalla Apresiasi Dekranasda NTB Hj. Mufidah Jusuf Kalla saat meresmikan Kantor Dekranasda NTB (FOTO: Istimewa)
Rabu, 14 Agustus 2019 - 20:15

TIMESINDONESIA, MATARAM – Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Hj Mufidah Jusuf Kalla sangat mengapresiasi Dekranas Daerah Nusa Tenggara Barat (Dekranasda NTB) yang telah membangun Balai Kriya sebagai wahana menjalankan kegiatan-kegiatan di daerah. Hal ini disampaikannya saat meresmikan Kantor Dekranasda NTB di Jalan Langko Mataram, Rabu (14/8/2019).

Ia mengajak segenap jajaran pengurus Dekranasda NTB untuk terus melakukan upaya pembinaan dan pengembangan usaha pengrajin. Sekaligus juga membantu UMKM pengrajin mengatasi berbagai kelemahan dan permasalahan yang dihadapinya, termasuk membantu dalam hal promosi dan pemasaran.

Keberadaan Balai Kriya, kata dia, membuktikan keseriusan Dekranasda NTB dalam menjalankan tugasnya. 

"Industri kerajinan kriya adalah bagian dari ekonomi kreatif, yang pertumbuhannya sangat cepat hampir di seluruh pelosok tanah air, tidak terkecuali di NTB yang memiliki potensi sangat besar,” ungkapnya.

Dia menyebutkan, ketatnya persaingan di tingkat regional maupun internasional memerlukan upaya-upaya nyata untuk mendorong Usaha Kecil Menengah (UKM) pengrajin agar lebih giat, sehingga mampu bersaing di pasaran.

Untuk itu diperlukan sinergi dari berbagai pihak dalam upaya pembinaan dan pengembangan usaha pengrajin. Tentu dalam mengatasi berbagai kelemahan dan permasalahan yang dihadapi oleh pengrajin. 

"Saya berharap, Kantor Dekranasda NTB yang baru diresmikan ini dapat sekaligus sebagai galeri. Untuk membantu pemasaran hasil produk UKM dan dapat menunjang sektor pariwisata, khususnya dalam penyediaan souvenir," ujarnya. 

“Dengan mengikuti trend pasar yang sedang berlaku, dapat pula dengan membuka website yang telah dimiliki oleh Dekranasda. Tidak kalah pentingnya juga, agar Dekranasda NTB memanfaatkan pemasaran online, baik secara mandiri atau melalui market place seperti buka lapak, shopee, dan lainnya,” ujar Mufidah Jusuf Kalla(*)

Jurnalis : Pauzan Basri (MG-94)
Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Mataram

Komentar

Loading...
Registration