Gaya Hidup

Prihatin Sampah Plastik, Pemkab Sragen Imbau Warga Kurangi Pemakaian

Rabu, 14 Agustus 2019 - 15:56 | 59.08k
Sekda Sragen, Tatag Prabawanto. (FOTO: Mukhtarul Hafidh/TIMES Indonesia)
Sekda Sragen, Tatag Prabawanto. (FOTO: Mukhtarul Hafidh/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SRAGEN – Mengantisipasi bahaya yang ditimbulkan dari sampah plastik, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen mengimbau kepada warganya agar mulai mengurangi pemakaian plastik dalam kehidupan sehari-hari.

Saat ini belum memiliki peraturan terkait penggunaan atau pembatasan penggunaan kantong plastik. Yang dilakukan saat ini adalah mulai membangun kesadaran kepada masyarakat.

“Kalau kami melakukan sesuatu yang sifatnya menekan atau represif (terkait penggunaan plastik itu tidak. Tapi yang lebih penting bagaimana pola pikir masyarakat yang harus diubah. Masyarakat harus tahu dan paham bagaimana dampak yang ditimbulkan plastik,” kata Tatag Prabawanto, Rabu (14/8/2019)

Sekda menyampaikan, masyarakat harus tahu bila plastik itu butuh waktu bertahun-tahun, bahkan sampai ratusan tahun sampai bisa terurai lagi oleh tanah.

Karena itu, masyarakat jangan hanya ingin murah dan praktis saja saat memakai plastik sebagai pembungkus. Namun juga harus mulai memikirkan dampaknya terhadap lingkungan. Harga plastik memang lebih murah dibanding yang lain, tetapi biaya urai oleh alam yang jauh lebih mahal dan lebih lama.

“Kalau sudah tahu dampaknya plastik, apakah  kita semua akan menjejali tanah, air dan bumi seperti itu,” ujar Tatag Prabawanto.

Apalagi di lingkungan sekitar saat ini, masih banyak alternatif yang bisa dipergunakan sebagai pembungkus selain plastik. Misalnya saja daun pisang, daun jati, besek atau tas pembungkus lain yang bahannya bukan dari plastik. Terlebih, bahan-bahan itu jauh lebih ramah lingkungan dibanding plastik.

Untuk toko-toko dan minimarket, juga diharapkan agar mulai menggunakan bahan lain sebagai kantong belanja pengganti plastik. “Apalagi daun pisang, daun jati dan besek masih mudah dicari di Sragen,” tegasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Madiun

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES