Ketahanan Informasi Ketahanan Informasi Desa

Publikasi Pasca TMMD Reguler Tegal Diapresiasi Peternak Sapi Harjasari

Publikasi Pasca TMMD Reguler Tegal Diapresiasi Peternak Sapi Harjasari Babinsa Jatimulya, Koramil 05 Suradadi Kodim 0712 Tegal, bersama Kelompok Ternak Rahayu, Desa Harjasari, Kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)
Rabu, 14 Agustus 2019 - 08:55

TIMESINDONESIA, TEGAL – Pemberitaan pasca kegiatan TMMD Reguler 105 Kodim 0712 Tegal, masih terus dilakukan karena masih ada aspek-aspek masyarakat yang terlewatkan. Selain menyampaikan harapan/keinginan masyarakat kepada pemerintah, juga menyampaikan keberhasilan bantuan pemerintah.

Salah satu bantuan pemerintah yang tepat manfaat adalah bibit sapi untuk Kelompok Ternak Rahayu, Desa Harjasari, Kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.

Wasdiun (42) anggota Kelompok Ternak Rahayu, mewakili Sugito (50) Dukuh Wanasari Kidul RT. 05 RW. 02, Harjasari membenarkan bahwa bantuan diberikan pada tahun 2009 lalu dengan jumlah 7 ekor sapi betina dan kini telah mampu menghasilkan anak sapi sebanyak 11 ekor.

TMMD-Kodim-Diapresiasi-Peternak-Sapi-Harjasari-2.jpg

"Kami selaku Kelompok Ternak Rahayu Desa Harjasari mengucapkan banyak terima kasih atas bantuan pemerintah melalui Dinas Peternakan Kabupaten. Bantuan sangat bermanfaat dan kami telah mandiri," ucapnya kepada Babinsa Jatimulya Koramil 05 Suradadi, Serda Mursidi.

Dijelaskannya juga, omset kelompok ternak tersebut adalah Rp 19-21 juta per tahun dari hasil penjualan 1-2 ekor sapi dewasa saat lebaran Idul Adha. Hasil itu dibagi anggota kelompok dikurangi kas untuk perawatan.

Sementara terkait bantuan pemerintah lain bersama lintas sektoral serta swasta perorangan, melalui kegiatan TMMD Reguler yang membangun jalan antar desa, Wasdiun mengaku lega dan sangat terbantu.

Pasalnya, akses yang telah dibangun yaitu makadam sepanjang 1,6 kilometer lebar 3 meter di desa tetangganya, Jatimulya, yang telah terkoneksi ke Harjasari, akan memudahkan kelompoknya mencari rumput terutama saat musim kemarau, jugamobilisasi penjualan ternak.

Untuk itu dirinya mengucapkan terima kasih karena pemerintah membantu lagi melalui Dana Desa untuk pengerasan jalan makadam di desanya sepanjang 260 meter, guna menyambung makadam 1,6 kilometer dari TMMD Reguler 105. Sedangkan untuk realisasi pengerjaan menunggu hasil Musrenbangdes secepatnya. (*)

Jurnalis : Aan Setyawan (CR-146)
Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

Komentar

Loading...
Registration