Peristiwa - Daerah

Wabup Irwan Upayakan Buat Perda Penggunaan Kantong Plastik di Bondowoso

Wabup Irwan Upayakan Buat Perda Penggunaan Kantong Plastik di Bondowoso Wakil Bupati Bondowoso Irwan Bachtiar Rahmat (FOTO: Dokumen TIMES Indonesia).
Rabu, 14 Agustus 2019 - 09:48

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Mengurangi penggunaan plastik yang kian hari semakin tinggi. Pemerintah Kabupaten Bondowoso akan berupaya untuk membuat Peraturan Daerah (Perda) terkait penggunaan kantong plastik. 

“Mungkin akan kita perdakan seperti di daerah lain untuk penggunaan kantong plastik yang ada di toko-toko, super market dan sebagainya,” kata Wakil Bupati Irwan Bachtiar Rahmat, Selasa (13/8/2019). 

Apalagi kata dia, di Kabupaten Bondowoso penggunaan plastik masih sangat tinggi.  “Kita lihat rata-rata sampah plastik,” sambungnya. 

Menurutnya, penggunaan plastik harus dikurangi karena sudah menjadi permasalahan di mana-mana. Bukan hanya di Kabupaten Bondowoso, tapi di dunia. Dan terkait hal ini, di seluruh daerah sudah ada upaya pengurangan penggunaan  plastik.

“Makanya kita harus mengurangi penggunaan-penggunaan kantong plastik, karena sulit diurai,” imbaunya. 

Diberitakan sebelumnya bahwa produksi sampah di Kabupaten Bondowoso, terbanyak itu dari warga atau rumah tangga. Diperkirakan, setiap rumah atau per orang bisa menghasilkan 1,5 liter sampah setiap hari. 

“Kalau produksi sampah yang jelas dengan meningkatnya jumlah penduduk, juga jelas bertambahnya jumlah sampahnya,” kata Kasi Pengolahan Sampah dan Limbah B3, DLHP Bondowoso, Abdul Asis. 

Sementara produksi sampah di Bondowoso paling banyak sampah plastik karena itu DLHP Bondowoso mengharapkan kesadaran masyarakat agar tidak menggunakan plastik secara berlebihan. (*)

Jurnalis : Moh Bahri
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Bondowoso

Komentar

Registration