Peristiwa - Daerah

Karena Alasan Ini, TNI AD Tetap Pertahankan Enzo Zenz Allie Sebagai Taruna Akmil

Karena Alasan Ini, TNI AD Tetap Pertahankan Enzo Zenz Allie Sebagai Taruna Akmil Enzo Zenz Allie, Taruna Akademi Militer (Akmil) 2019. (Foto:Istimewa)
Selasa, 13 Agustus 2019 - 20:36

TIMESINDONESIA, JAKARTATNI AD (Tentara Nasional Angkatan Darat) tetap mempertahankan Enzo Zenz Allie sebagai Taruna Akademi Militer (Taruna Akmil) 2019.

Demikian ditegaskan Kepala Staf AD (Kasad), Jenderal TNI Andika Perkasa, saat menggelar konferensi pers di Mabes AD, Jakarta Pusat, Selasa (13/8/2019).

Andika mengungkapkan bahwa dalam proses rekrutmen, TNI khususnya AD, telah memiliki alat ukur yang memang sudah diterapkan sejak lama, mulai dari segi akademik kemudian kesehatan, jasmani, kondisi psikologi maupun mental ideologi.

"Dari hasil alat ukur yang kami lakukan, kami tidak menemukan adanya keraguan terhadap seluruh Taruna Akademi Militer 364 orang yang kami terima beberapa waktu lalu," ujar Andika.

Namun, karena kemudian ada informasi tambahan tentang salah satu Taruna yakni Enzo Zenz Allie, maka pihaknya pun berusaha untuk objektif dan ingin membuka diri.

"Kami tidak akan mengklaim bahwa alat ukur yang kami miliki itu sudah valid, maka kami juga mengambil salah satu alternatif alat ukur yang memang selama ini sudah dikembangkan, digunakan cukup lama, akurasi, validasinya bisa dipertanggungjawabkan karena sudah digunakan selama 8 tahun," ucapnya.

Pihaknya pun kemudian melakukan pengukuran pada hari Sabtu (10/8/2019) dan Minggu (11/8/2019) kemarin. Kemudian, hasilnya dianalisis pada hari Senin (12/8/2019), dan kesimpulannya Enzo Zenz Allie mendapatkan Indeks Moderasi Bernegara sebesar 84 persen atau setara nilai 5,9 dari maksimum 7.

"Oleh karena itu kami memutuskan, Angkatan Darat memutuskan untuk mempertahankan Enzo Zenz Allie dan semua Taruna Akademi Militer yang kami terima beberapa waktu lalu sejumlah 364," katanya.

Seperti diketahui, Taruna Akmil bernama Enzo Zenz Allie mendadak tenar setelah videonya yang sedang memegang bendera bertuliskan kalimat Tauhid viral di media sosial.

Proses penerimaan Enzo Zenz Allie sebagai Taruna Akmil pun menuai kontroversi dan polemik. Hal itu pun membuat TNI AD kembali melakukan evaluasi dan validasi terhadap rekam jejak Enzo. (*)

Jurnalis : Hasbullah
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

Komentar

Loading...
Registration