Politik

LSM AMPuH: Demokrat Galau, Bakal Muncul Kuda Hitam di Pilkada Pacitan 2020

Selasa, 13 Agustus 2019 - 20:14 | 170.96k
Ilustrasi Partai Demokrat
Ilustrasi Partai Demokrat

TIMESINDONESIA, PACITAN – Dinamika politik nasional terkait pilpres diprediksi bakal berpengaruh pada Pilkada Pacitan 2020. Calon yang nantinya diusung Partai Demokrat terancam di ujung tanduk. Mengingat posisi partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tersebut belum aman di barisan koalisi pendukung presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Terkait posisi Partai Demokrat apakah di dalam atau di luar pemerintahan, saya menangkap kegalauan Partai Demokrat. Itulah sebabnya, Ibas (Edy Baskoro Yudhoyono) memerlukan untuk salat Idul Adha di Masjid Agung Darul Falah Pacitan. It's so clear so loud," ujar Fatkudin Ketua Divisi Advokasi dan Humas LSM AMPuH Pacitan, Selasa (13/8/2019).

Menurut Fatkudin, jika Partai Demokrat terlempar dari koalisi Jokowi dan SBY atau AHY (Agus Harimurti Yudhoyono) gagal pegang kendali partai, maka peta kekuatan pada Pilkada Pacitan bakal sulit diprediksi.

"Dalam situasi tersebut, peluang munculnya kuda hitam sangat besar," ungkapnya.

Saat ditanya tentang tokoh yang berpotensi menjadi kuda hitam, Fatkudin menolak menyebut nama. Tetapi menurutnya  media massa menjadi salah satu kekuatan yang  berperan memunculkan figur tersebut. Meskipun saat ini belum ada sosok yang muncul ke permukaan, namun pergerakan sejumlah figur calon di akar rumput sudah mulai terbaca.

"Ada sosok figur perempuan yang sekarang dekat dengan Ponpes Tremas. Jika dalam beberapa minggu ke depan muncul baliho dengan simbol tokoh pesantren, kemungkinan besar dialah yang akan menjadi kuda hitam," kata Fatkudin.

Soal parpol mana yang bakal mengusung sang kuda hitam, Fatkudin mengatakan figur tersebut tergolong mudah diterima di semua kalangan termasuk elit partai di Pacitan. Sehingga banyak peluang kendaraan politik yang akan digunakan untuk masuk ke bursa Pilkada Pacitan 2020. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yupi Apridayani
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES