Peristiwa Daerah

Kabupaten Malang Punya Ikon Baru ‘Patung Polisi Promoter’

Selasa, 13 Agustus 2019 - 19:30 | 272.40k
Ikon Baru Kabupaten Malang ‘Patung Polisi Promoter’. (FOTO: Istimewa)
Ikon Baru Kabupaten Malang ‘Patung Polisi Promoter’. (FOTO: Istimewa)

TIMESINDONESIA, MALANG – Ide Kapolres Malang, AKBP Yade Setiawan Ujung, terus bertaburan untuk Kabupaten Malang, yang lebih tertata dengan baik. Selain program yang diusungnya ‘Program 77 Unggul’, kini Kapolres Ujung, begitu ia populer disapa, membuat ikon baru untuk Kabupaten Malang. Yakni Patung Polisi Promoter.

Ide Kapolres Ujung untuk membangun patung Polisi Promoter itu, bertujuan untuk terus mengingatkan kepada seluruh anggota polisi di Indoensia, khususnya di Malang Raya (Kabupaten Malang, Kota Malang dan Kota Batu), bahwa polisi harus terus bersikap humanis dan dekat dengan masyarakat dalam melaksanakan tugasnya di lapangan.

Patung-Polisi-Promoter-3.jpg

Menurut Kapolres Ujung, polisi humanis saat ini, sudah menjadi mindset bagi sebagian besar anggota Polri. Meski terkadang sulit mendapatkan gambaran sebenarnya polisi humanis itu seperti apa.

“Mislanya, ketika polisi banyak senyum kepada masyarakat, ketika polisi mengacungkan jempol sebagai pujian kepada pengguna jalan yang tertib berlalu lintas, ketika polisi santun menyapa, ketika tanpa pamrih membantu warga atau ketika petugas piket menerima dengan ramah, hal-hal seperti itu bisa jadi diartikan sebagai sikap polisi humanis,” jelas Ujung, kepada TIMES Indonesia, Selasa (13/8/2019).

Patung-Polisi-Promoter-2.jpg

Menurut Ujung, sikap humanis itu sudah dijabarkan dalam Al Quran. Misalnya, dalam ayat Al Quran, surat Ali Imran ayat 159 dijelaskan, bahwa “Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu berlaku lemah-lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. Karena itu ma`afkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawarahlah dengan mereka dalam urusan itu…,” jelas Ujung mengutip ayat Al Quran.

Selain itu, patung Polisi Promoter dibangun di pintu masuk tol Karanglo Malang-Pandaan untuk memperindah taman kota di pintu masuk-keluar pertama kali wilayah Kabupaten Malang setelah keluar tol. “Keluar tol langsung disambut patung Polisi Promoter tersenyum,” katanya.

Secara psikologi jelas dia, dengan berdirinya Patung Polisi Promoter itu, diharapkan budaya tertib berlalu lintas masyarakat Malang semakin lebih baik. “Budaya tertib berlalu lintas terjadi di Kabupaten Malang. Itu harapan saya kedepannya,” harapnya.

Sementara itu, Plt Bupati Malang, HM Sanusi, sangat mengapresiasi atas dibangunnya patung Polisi Promoter oleh Polres Malang tersebut. “Patung Polisi Promoter tersenyum itu akan menjadi ikon baru Kabupaten Malang,” katanya.

Sanusi menyampaikan terima kasih kepada Kapolres Malang, AKBP Yade Setiawan Ujung. “Terima kasih pak Kapolres sudah membangun Patung Polisi Promoter di taman kota pintu masuk-keluar tol Karanglo Malang-Pandaan, serta programnya yang luar biasa untuk Kabupaten Malang,” puji Sanusi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES