Wisata

Ritual Keduk Beji Dilestarikan Jadi Ikon Wisata Ngawi

Selasa, 13 Agustus 2019 - 18:14 | 194.04k
Prosesi keduk beji di sumber air Desa Tawun, Kecamatan Kasreman, Ngawi (Foto: Ardian Febri TH/TIMESIndonesia)
Prosesi keduk beji di sumber air Desa Tawun, Kecamatan Kasreman, Ngawi (Foto: Ardian Febri TH/TIMESIndonesia)

TIMESINDONESIA, NGAWI – Warga masih melestarikan ritual tahunan keduk beji di Desa Tawun, Kecamatan Kasreman, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Tahun ini ritual adat tersebut dikemas berbeda dan disambut antusias masyarakat.

“Saya berharap ritual keduk beji ini sama-sama dilestarikan terutama oleh warga Desa Tawun. Tahun ini  dikemas berbeda dari tahun-tahun sebelumnya agar lebih menarik dan menjadi kunjungan wisatawan baik dalam dan luar kota Ngawi,” jelas Budi Sulistyono Bupati Ngawi saat menghadiri ritual keduk beji, Selasa (13/8/2019).

Ritual-Keduk-Beji-2.jpgBupati Ngawi beserta Ny Antik Budi Sulistyono menghadiri ritual keduk Beji. (Foto: Ardian Febri TH/TIMESIndonesia)

Menurut Kanang panggilan akrab Budi Sulistyono, banyak anak muda saat ini melupakan adat istiadat asli daerah. Dengan memberikan sentuhan berbeda pada ritual keduk beji sehingga menjadi salah satu ikon wisata Ngawi dan dikenal warga di luar daerah.

“Keduk beji ini semoga bisa menjadi ikon khas seperti grebek suro di daerah lain,” jelasnya.

Keduk beji biasanya digelar hari Selasa Kliwon usai masa panen raya. Ritual itu digelar sebagai sarana penghormatan kepada Eyang Ludro Joyo atas sumber penghidupan keduk beji.

Supomo sesepuh Desa Tawun mengatakan, ritual ini berawal dari (legenda) warisan Eyang Ludro Joyo yang dulu pernah bertapa di Sumber Beji untuk mencari ketenangan dan kesejahteraan hidup.

"Setelah bertapa lama, tepat di hari Selasa Kliwon raga Eyang Ludro Joyo hilang dan timbullah air sumber ini," ungkap Supomo

Inti dari ritual keduk beji adalah penyilepan atau penyimpanan kendi yang berisi air legen di pusat sumber air Beji. Pusat sumber tersebut terdapat di dalam gua yang terdapat di dalam sumber Beji.

Prosesi upacara keduk beji diawali berkumpulnya warga Desa Tawun, Kecamatan Kasreman, Ngawi di sumber berukuran 20 x 30 meter. Para pemuda kemudian menceburkan diri ke sumber Beji untuk membersihkan kotoran dengan mengambil sampah dan daun-daun yang mengotori sumber Beji. (*) (MG-159)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Madiun

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES