Ekonomi

PHE TEJ Siap Berikan Kompensasi Ganti Rugi Lahan Survei Seismik 3D di Tuban

Selasa, 13 Agustus 2019 - 15:13 | 84.81k
Field Relation PHE TEJ, Eko Broto, saat memberikan paparan terkait kegiatan Survei Seismik 3D di Kabupaten Tuban, Selasa, (13/08/2019). (FOTO: Achmad Choirudin/TIMES Indonesia)
Field Relation PHE TEJ, Eko Broto, saat memberikan paparan terkait kegiatan Survei Seismik 3D di Kabupaten Tuban, Selasa, (13/08/2019). (FOTO: Achmad Choirudin/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTAPertamina Hulu Energi Tuban East Java (PHE TEJ) siap memberikan dana kompensasi sebagai ganti rugi atas lahan milik warga yang digunakan untuk survei seismik 3D di wilayah Kabupaten Tuban.

Pernyataan tersebut disampaikan langsung oleh Field Relation PHE TEJ, Eko Broto kepada awak media saat acara media Ghatering bersama wartawan Tuban dan Rembang di Kota Yogyakarta, Selasa (13/08/ 2019).

Eko menjelaskan, bahwa saat ini sudah ada standar atau acuan harga ganti rugi kompensasi yang berdasarkan atas SK Bupati Tuban. "Dalam SK bupati, sudah ditetapkan secara terperinci berapa besaran harga ganti rugi yang bakal diterima warga nanti," imbuhnya.

Bahkan, lanjut Eko, yang terkategorikan menerima dana kompensasi dari Pertamina nanri tidak hanya lahan yang berisi tanaman, namun lahan kosong yang produktif juga bakal menerima ganti rugi.

"Setiap lahan yang terdampak aktivitas Survei Seismik 3D pasti kita berikan ganti rugi. Namun untuk besarannya disesuaikan dengan jenis tanaman dan luas lahan yang digunakan survei," paparnya.

Namun demikian, kata Eko, dana kompensasi baru bisa cair setelah dilakukan pemdataan langsung oleh pihak Pertamina yang didampingi perangkat desa dan Forkopimcam setempat. Itupun setelah selesai proses Topografi dan dilanjutkan proses Recording di lapangan oleh PHE TEJ.

"Tahapan awal ini masih Topografi. Setelah iti nanti ada recording yang estimasinya akan berlangsung di awal September depan," bebernya.

Ditambahkan, terkait dengan survei seismik dan kompensasi nanti, pihak PHE TEJ juga akan melakukan sosialisasi langsung secara door to door ke warga terdampak, sehingga informasi bisa sampai secara penuh dan dimengerti masyarakat.

"Terkait survey, kompensasi dan dana ganti rugi akan kita sampaikan langsung pada warga di rumah mereka masing-masing," tandasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Yogyakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES