Gaya Hidup

Mengapa Olahraga Bisa Membuat Kulit Awet Muda?

Selasa, 13 Agustus 2019 - 10:32 | 171.26k
Glutera News. (FOTO: Isitmewa)
Glutera News. (FOTO: Isitmewa)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Meski usia sudah tak lagi belia, tapi banyak orang tetap mendambakan kulit awet muda. Cara yang ditempuh untuk mendapatkannya pun beragam, mulai dari perawatan kecantikan, konsumsi makanan bergizi, hingga olahraga teratur. Namun, kira-kira apa sih hubungan antara olahraga dengan kulit awet muda? Nah, berikut penjelasannya menurut para ahli.

Untuk mendapatkan kulit awet muda tidak hanya cukup dari makanan bergizi, istirahat, dan perawatan kulit saja. Pendek kata, mendapatkan kulit dambaan itu tidak cukup dipoles dari luar saja. 

Namun yang perlu diingat, makanan utama kulit itu berasal dari dalam tubuh. Zat gizi ini dipasok melalui pembuluh darah tubuh. Oleh sebab itu, zat gizi dalam menu harian harus lengkap dan memadai. Lalu, apa hubungannya dengan olahraga?

Menurut ahli, berolahraga merupakan syarat utama menyehatkan kulit karena melancarkan peredaran darah. Selain meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh, termasuk organ-organ vital dan kulit, aliran darah ini juga membawa oksigen yang amat penting bagi kulit. Aliran darah ini juga membantu melancarkan aliran toksin dan radikal bebas agar tidak terakumulasi pada suatu bagian tubuh. Nah, inilah yang nantinya akan membuat kulit terlihat sehat dan lebih segar. 

Lalu, apa lagi manfaat olahraga bagi kesehatan kulit? 

1. Mencegah kulit bersisik dan eksim

Menurut para pakar, berolahraga secara teratur bisa mengurangi risiko kulit bersisik dan eksim yang bisa merusak penampilan. Kulit bersisik sendiri disebabkan karena tubuh mengalami dehidrasi. Sementara itu, eksim merupakan suatu penyakit kulit karena mengalami stres. Kata ahli, rutin berolahraga bisa menurunkan risiko terkena eksim ataupun kulit bersisik. 

2. Mencegah timbulnya jerawat

Permasalahan kulit yang satu ini kerap membuat banyak orang risih. Meski bisa terjadi pada siapapun, tapi risiko untuk munculnya jerawat bisa berkurang bila dirimu rajin berolahraga. Pasalnya, olahraga bisa membuat peredaran darah lancar sehingga bisa membantu membuka pori-pori. Alhasil, kotoran yang menyumbat kulit pun mudah dibersihkan dan menjauhkan dirimu dari jerawat.

3. Sehat dan tidak kusam

Kulit awet muda tentunya akan terlihat sehat dan tidak kusam. Nah, kulit sehat dan tidak kusam ini sebenarnya enggak hanya bisa didapatkan dari perawatan saja. Olahraga sendiri bisa membuat suplai oksigen meningkat pada kulit, sehingga kulit akan selalu lebih sehat. Di samping itu, keringat yang bercucuran karena olahraga bisa membersihkan kotoran dan pori-pori kulit. 

4. Mengencangkan kulit

Olahraga yang melatih otot-otot tubuh dan menurunkan berat badan, bisa mengurangi kondisi kulit yang terlihat kendur. Olahraga ini bisa mengurangi efek kulit yang mengendur dan membakar lemak serta kalori, sehingga kulit tampak lebih kencang dan awet muda. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES