Peristiwa Internasional

Bertemu Gubernur Mekah, Menag Usul Penambahan Daya Tampung Tenda Jemaah

Selasa, 13 Agustus 2019 - 08:27 | 72.43k
Saat bertemu Gubernur Mekah,  Menag RI Lukman Hakim Saifuddin mengusulkan tambahan daya tampung tenda jemaah Indonesia. (FOTO: Kemenag)
Saat bertemu Gubernur Mekah, Menag RI Lukman Hakim Saifuddin mengusulkan tambahan daya tampung tenda jemaah Indonesia. (FOTO: Kemenag)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin berharap bisa mendapat tambahan daya tampung tenda serta toilet bagi Jemaah Haji Indonesia dari pemerintah Arab Saudi. Hal ini karena semakin mendesaknya kebutuhan memperbanyak daya tampung kapasitas tenda-tenda dan toilet di Mina. Bahkan Menag berharap tenda dan toilet di Mina dapat dibangun bertingkat.

Hal ini disampaikan Menag saat bertemu Gubernur Mekah, Khalid al Faisal bin Abdulaziz dan Menteri Haji dan Umrah,  Muhammad bin Salih Banten,

Dalam pertemuan itu, Menteri Haji dan Umrah berjanji akan memperhatikan usulan Indonesia. Menurut Mohammad bin Salih Banten, Pemerintah Arab Saudi benar-benar menaruh perhatian serius kepada Indonesia karena jumlah jemaahnya terbesar di dunia.

Sehari kemudian saat bertemu Gubernur Mekah selama lima belas menit, Senin (12/8/2019) malam Menag juga meminta penambahan daya tampung tenda-tenda dan toliet dengan cara meningkatkan bangunan tenda.

Selain itu Menag juga mengusulkan agar layanan fast track diperluas. Tahun ini, layanan tersebut hanya diberlakukan bagi embarkasi Jakarta. "Saya melihat fast track amat berhasil. Saya berharap tahun depan bisa diberlakukan ke semua embarkasi," kata Menag.

Atas usulan itu, Gubernur Mekah merespon positif. Menurut Gubernur Mekah, layanannya sebenarnya sudah mulai dikembangkan, dari sebelumnya hanya Indonesia dan Malaysia, tahun ini diberlakukan juga Pakistan, Bangladesh, dan India.

Soal renovasi di Mina, Gubernur Mekah juga mengatakan, saat ini sudah dibentuk Lembaga atau Dewan Khusus proyek Mina dan Arafah. Dewan ini diketuai langsung oleh Putra Mahkota, Pangeran Muhammad bin Salman.

Dalam kesempatan tersebut Menag menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Gubernur Makkah atas peningkatan kualitas layanan kepada jemaah haji Indonesia.

Saat bertemu dua pejabat Arab Saudi yakni Gubernur Mekah,  Khalid al Faisal bin Abdulaziz dan Menteri Haji dan Umrah,  Muhammad bin Salih Banten, Menteri Agama (Menag) RI Lukman Hakim Saifuddin minta tambahan daya tampung tenda serta toilet bagi Jemaah Haji Indonesia.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES