Peristiwa - Internasional

Musim Panas Mina Diguyur Hujan Deras Disertai Angin Kencang

Musim Panas Mina Diguyur Hujan Deras Disertai Angin Kencang Para jemaah haji langsung menggelar payung begitunhujan deras mengguyur Mina. (FOTO : Kemenag)
Selasa, 13 Agustus 2019 - 07:29

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Jarang terjadi disaat musim panas, namun Senin (12/8/2019) sore Mina diguyur hujan deras disertai angin kencang mulai pukul 15.30 waktu Arab Saudi.

Mendung memang menggelayut sejak pukul 14.30. Beberapa saat kemudian hujan turun rintik-rintik terus semakin lama semakin deras.

Tak ayal para jemaah termasuk jemaah Haji Indonesia mempercepat langkahnya. Ada pula yang langsung membuka payung, ada yang berteduh ada pula yang meneruskan perjalananan dibawah guyuran hujan.

Kepala Satuan Operasional (Kasatops) Arafah-Muzdalifah-Mina (Armuzna), Jaetul Muchlis memastikan kondisi di tenda jemaah haji Indonesia saat ini aman terkendali.

“Petugas siaga di pos masing-masing untuk memastikan kondisi aman dan layanan kepada jemaah berjalan sebagaimana biasanya,” tegasnya

“Layanan katering di dapur tetap berjalan. Petugas haji terus memantau agar distribusi makan malam untuk jemaah berjalan normal,” tambahnya.

Ia memastikan, petugas haji Indonesia siaga di pos masing-masing untuk membantu jemaah. Jemaah haji Indonesia yang masih berada di Mina diminta untuk menahan diri tidak ke Jamarat. Selain cukup padat oleh jemaah dari negara lain, kondisi jalan juga masih basah dan licin.

Dampak hujan berupa sampah di jalanan karena kantong-kantong sampah hanyut dan sekarang dalam tahap pembersihan.

Saat ini, hujan sudah mulai reda. Pergerakan jemaah haji dari berbagai negara, termasuk Indonesia, dari tenda Mina ke tempat lontar jumrah (Jamarat) atau sebaliknya juga berjalan.

"Berkah haji tahun ini, jadi adem dengan adanya hujan. Jarang-jarang ini, sudah bertahun-tahun Mina tidak diguyur hujan saat haji," kata seorangbpetugas haji.

Peristiwa hujan deras dimusim panas di Mina jarang terjadi, namun Senin (12/8/2019) sore peristiwa itu terjadi bahkan disertai angin kencang mulai pukul 15.30 waktu Arab Saudi. Tetapi kondisi disana terpantau aman jemaah pun tetap tenang.(*)

Jurnalis : Widodo Irianto
Editor : Widodo Irianto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

Komentar

Loading...
Registration