Kesehatan

Tetap Nikmat Meski Tanpa Gula, Ini Manfaat Teh Tawar untuk Kesehatan

Selasa, 13 Agustus 2019 - 07:36 | 364.57k
ILUSTRASI - Minum Teh. (FOTO: Sahabat Nestle)
ILUSTRASI - Minum Teh. (FOTO: Sahabat Nestle)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kebanyakan orang minum teh selalu ditambahkan gula agar lebih nikmat. Meski tak ada salahnya menambahkan gula, namun ada baiknya Anda lebih terbiasa minum teh tawar. Pasalnya teh tawar memiliki lebih banyak manfaat untuk kesehatan tubuh daripada teh manis. Apa saja manfaat teh tawar bagi kesehatan tubuh tersebut? Berikut ulasannya.

1. Mengontrol kadar gula darah

Manfaat minum teh tawar yang pertama adalah untuk mengontrol kadar gula darah di dalam tubuh. Manfaat teh pahit yang satu ini dihasilkan oleh kandungan polifenol di dalamnya.

Polifenol berperan penting dalam meningkatkan sensitivitas insulin di dalam tubuh, sehingga kadar gula darah tetap terjaga. Hal ini menjadi penting karena kadar gula darah yang tidak terkendali menyebabkan timbulnya penyakit diabetes.

2. Melancarkan sirkulasi darah

Manfaat teh tawar selanjutnya adalah melancarkan sirkulasi darah. Hal ini dimungkinkan oleh karena polifenol berperan dalam menghalau pertumbuhan plak di dalam pembuluh darah.

Dengan begitu, pembuluh darah tidak akan mengalami penyempitan yang mana hal ini bisa berakibat pada sejumlah komplikasi serius dan bisa mengancam keselamatan jiwa.

3. Mengurangi kolesterol

Salah satu cara untuk mengurangi kadar kolesterol ‘jahat’ adalah dengan mengonsumsi teh tawar hangat secara rutin. Manfaat teh tawar yang satu ini bahkan sudah dibuktikan melalui sejumlah penelitian. Disebutkan bahwa minum teh tawar efektif menurunkan kadar kolesterol hingga 11 persen.

Untuk mendapatkan manfaat teh pahit dalam mengurangi kadar kolesterol ini, Anda disarankan untuk mengonsumsi jenis teh hitam.

4. Meminimalisir risiko kanker

Sudah banyak studi yang membuktikan manfaat teh tawar untuk meminimalisir risiko penyakit kanker. Manfaat minum teh tawar untuk mencegah kanker ini dikarenakan adanya kandungan 2 (dua) zat penting yakni polifenol dan antioksidan.

Kedua zat tersebut memiliki tugas untuk menghalau serangan radikal bebas, yang mana radikal bebas ini menjadi pemicu kerusakan sel-sel tubuh yang akhirnya memunculkan sel abnormal yang berkembang menjadi sel kanker.

5. Melegakan Tenggorokan

Minum teh tawar hangat juga bisa membantu melegakan tenggorokan yang dilanda rasa sakit maupun gatal akibat infeksi. Manfaat teh pahit yang satu ini dihasilkan oleh zat yang bernama L-theanin.

Di samping melegakan tenggorokan, L-theanin pada teh tawar berfungsi untuk mengobati gejala flu dan meningkatkan kinerja sistem kekebalan tubuh.

6. Mencegah penuaan dini

Kandungan zat antioksidan di dalam teh tawar menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti dari Obafemi Awalowo University, Nigeria, cukup efektif untuk menangkal proses oksidasi di dalam tubuh. Dengan begitu, pengonsumsi teh tawar diklaim lebih tahan terhadap potensi gangguan kesehatan kulit seperti penuaan dini.

7. Melangsingkan tubuh

Anda yang saat ini tengah menjalani program diet untuk menurunkan berat badan juga sangat dianjurkan mengonsumsi teh tanpa gula atau teh tawar guna menunjang kesuksesan program tersebut.

Manfaat teh tawar untuk membantu melangsingkan tubuh ini sudah dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan di Jepang. Teh tawar diklaim efektif untuk membantu pembakaran lemak.

8. Menenangkan tubuh

Sementara itu, kandungan L-theanin pada secangkir teh tawar hangat yang Anda konsumsi juga memberikan manfaat teh pahit lainnya, yakni untuk memberikan efek menenangkan bagi tubuh.

Oleh karena itu, mengonsumsi teh tawar sangat dianjurkan bagi Anda yang tengah dilanda stres, atau suasana hati (mood) yang buruk. Teh tawar juga diklaim efektif dalam membantu meningkatkan fungsi otak. Manfaat teh tawar ini bisa didapatkan dari teh hitam dan teh hijau. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : Dokter Sehat

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES