Peristiwa - Nasional

Usai Wukuf, Konsentrasi Jemaah Haji Terbagi Dua

Usai Wukuf, Konsentrasi Jemaah Haji Terbagi Dua Jemaah haji saat Wukufdi padang Arafah.
Senin, 12 Agustus 2019 - 08:18

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Usai melakukan Wukuf di padang Arafah, konsentrasi jemaah haji terbagi dua, ada yang bergerak ke Mina untuk melempar jumrah Aqabah, ada pula yang memilih ke Masjidil Haram untuk melaksanakan thawaf dan sai terlebih dahulu.

Jemaah yang langsung bergerak ke Mina adalah rombongan haji reguler. Sedangkan yang kembali menuju Masjidil Haram di Makkah, biasanya dilakukan kelompok haji khusus, yakni setelah dari Arafah dan Muzdalifah lalu lanjut ke Masjidil Haram untuk menjalankan tawaf ifadha, sa'i dan tahallul awwal (mencukur rambut).

Seperti dilansir Detik News, Pembimbing jemaah haji khusus Maktour, Ustaz Hamdan Rasyid, urutan ini adalah salah satu pilihan yang diberikan Rasulullah SAW, meskipun beliau sendiri dari Muzdalifah langsung menuju Mina untuk melontar jumrah aqabah.

"Namun karena status hukum tawaf ifadha dan sa'i adalah rukun haji yang harus dikerjakan oleh para jemaah, maka kami memilih untuk kembali ke Masjidil Haram dulu," ujarnya.

Rangkaian puncak haji memang masih berlangsung di Makkah, Arab Saudi. Setelah melakukan wukuf di Arafah dan menginap di Muzdalifah, jemaah haji bergerak ke Mina untuk melempar jumrah Aqabah.

Ritual ini meneladani Nabi Ibrahim melawan godaan setan ini wajib dilakukan jemaah haji setelah wukuf di Arafah. Jemaah melontar kerikil ke arah 3 tugu, masing-masing 7 kali selama 3 hari berturut-turut.

Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Makkah, Subhan Cholid, jemaah haji Indonesia masuk dalam rombongan Asia Tenggara dimana waktu melempar jumrah dimulai pada 10 Dzulhijah, dan pada tanggal ini jemaah Indonesia dilarang melontar jumrah pada pukul 04.00-10.00.

Pada 11 Dzulhijah (Senin, 12 Agustus 2019 waktu Indonesia) lempar jumrah bisa dilakukan sepanjang hari, dan larangan melontar jumrah jemaah Indonesia diberlakukan kembali pada 12 Zulhijah (Selasa, 13 Agustus 2019 waktu Indonesia) pukul 10.00 -14.00. "Kemudian pada tanggal 13 Dzulhijah bebas sepanjang hari," lanjutnya

Sementara itu kondisi jalan raya hingga ke tengah kota Makkah mengalami kemacetan disaat konsentrasi jemaah haji terbagi dua, ada yang bergerak ke Mina untuk melempar jumrah Aqabah, ada pula yang memilih ke Masjidil Haram untuk melaksanakan thawaf dan sai terlebih dahulu usai melakukan Wukuf di padang Arafah(*)

Jurnalis : Widodo Irianto
Editor : Widodo Irianto
Publisher : Rizal Dani

Komentar

Loading...
Registration