Kesehatan

Asam Urat Tinggi? Yuk Turunkan dengan Cara Ini

Asam Urat Tinggi? Yuk Turunkan dengan Cara Ini Ilustrasi - Asam Urat (FOTO: journal.sociolla.com)
Senin, 12 Agustus 2019 - 01:59

TIMESINDONESIA, JAKARTAAsam urat tinggi bisa menimbulkan nyeri pada sendi. Oleh karena itu, Anda harus segera menangani masalah kesehatan ini. Selain dengan obat-obatan ada cara lain untuk menurunkan kadar asam urat dalam darah. Apa saja?

1. Batasi konsumsi makanan tinggi purin

Kandungan purin dalam tubuh akan dipecah, sehingga memperoleh produk berupa asam urat di dalam darah. Makanan tinggi purin seperti jeroan, seafood, atau kepiting, akan sangat memengaruhi kadar asam urat dalam darah, sehingga terjadi peningkatan yang dapat menimbulkan gejala asam urat.

2. Tingkatkan konsumsi makanan rendah purin

Dengan meningkatkan konsumsi makanan rendah purin dapat membantu menjaga pola hidup sehat yang terhindar dari makanan tinggi purin. Jenis makanan yang dapat menjadi pilihan, antara lain produk susu rendah lemak, sayur, buah, dan gandum.

3. Konsumsi kopi

Berdasarkan beberapa penelitian, ditemukan bahwa dengan konsumsi kopi dapat membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah. Namun, konsumsi kopi juga harus diperhatikan karena dapat meningkatkan risiko penyakit ginjal kronis. Oleh karena itu, sebaiknya tetap melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

4. Suplemen vitamin C

Pada suatu penelitian medis dikatakan bahwa konsumsi vitamin C dapat membantu mengontrol kadar asam urat dalam darah. Namun, hal ini masih menjadi perdebatan, karena masih membutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai efektivitasnya dalam menurunkan kadar asam urat dalam darah. 

Berbagai cara di atas dapat diterapkan untuk membantu menurunkan kadar asam urat tinggi dalam darah. Selain cara di atas, menjaga pola makan dan pola hidup yang sehat dapat sangat membantu mengendalikan masalah kesehatan ini. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

Komentar

Loading...
Registration