Gaya Hidup

Dapat Daging Kurban? Ini Tips Mengolahnya dengan Benar

Dapat Daging Kurban? Ini Tips Mengolahnya dengan Benar ILUSTRASI - Tip Mengolah Daging. (FOTO: Thinkstock)
Minggu, 11 Agustus 2019 - 07:00

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Anda bingung bagaimana menyimpan dan mengolah daging kurban dengan benar? Agar tidak bau prengus, mengolah dan menyimpan daging kurban harus dilakukan dengan benar.

Berikut ini tips yang bisa Anda lakukan untuk menyimpan dan mengolah daging kurban.

1. Jangan langsung diolah

Daging sapi maupun daging kambing yang baru disembelih masih segar dan banyak mengandung darah. Sebaiknya daging ini jangan langsung dimasak. 

Simpan daging kambing kurban yang didapat ke lemari es dengan suhu empat derajat dan bungkus dengan handuk atau lap bersih selama 24 jam.

2. Jangan kena air

Daging yang terkena air bisa menimbulkan bau prengus saat diolah. Jika ingin mencuci daging, sebaiknya cuci sesaat sebelum dimasak dan langsung keringkan dengan lap bersih.

3. Beri nanas dan ketimun

Tambahkan parutan nanas dan potongan ketimun saat memasak daging selama 10-30 menit. Nanas dan ketimun dipercaya bisa menghilangkan bau prengus kambing dan membuat daging kambing jadi lebih empuk.

4. Jangan terlalu lama disimpan di lemari es

Sebenarnya tidak dianjurkan untuk menyimpan daging kambing terlalu lama di lemari pendingin. Namun jika ingin menyimpannya, pastikan untuk menghilangkan bagian lemak warna putih pada daging kambing dan taruh di lemari pendingin suhu minus satu sampai lima derajat celcius.

5. Gunakan daun pepaya

Membungkus daging kambing dengan daun pepaya bisa membuat daging lebih cepat empuk. Namun, sebaiknya cuci bersih daun pepaya atau cukup dilap dengan kain basah supaya kotoran dan debu yang mungkin menempel bisa hilang.

6. Taburan garam

Cara lain mengolah daging kambing agar tidak bau prengus adalah memberikan taburan garam dapur beryodium diatasnya. Kalau sudah terlanjur dicuci, taburi semua bagian daging dengan garam dapur sampai benar-benar rata.

Biarkan dahulu daging kurban selama kurang lebih 60 menit supaya garam meresap dan menetralkan bau darah kambingnya. Setelah itu bisa dicuci kembali dengan air dingin sebelum dimasak. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Komentar

Loading...
Registration