Politik

Sejarah Baru, Hasto Kristiyanto Kembali Didapuk Sebagai Sekjen PDI Perjuangan

Sabtu, 10 Agustus 2019 - 15:16 | 57.57k
Hasto Kristiyanto (kiri) kembali terpilih sebagai Sekjen PDI Perjuangan untuk periode 2019-2024. (Foto: Hasbullah/TIMES Indonesia)
Hasto Kristiyanto (kiri) kembali terpilih sebagai Sekjen PDI Perjuangan untuk periode 2019-2024. (Foto: Hasbullah/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, memilih kader sebagai struktur Dewan Pimpinan Pusat partai yang terbaru. Hanya kali ini sejarah baru muncul, yakni Hasto Kristiyanto yang kembali menjadi Sekjen dua kali berturut-turut.

Dalam sejarah PDI Perjuangan sejak reformasi 1998, jabatan sekjen hanya dijabat oleh satu orang dan selama satu periode (lima tahun). Namun untuk kali ini, Hasto yang sudah menjabat sejak 2014 itu, diperpanjang lagi penugasannya oleh Megawati hingga tahun 2024.

Hal lainnya yang menarik adalah masuknya nama Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, alias Risma, menjadi salah satu Ketua DPP PDIP yang baru.

"Jumlahnya tetap 27 orang," kata Megawati mengawali penyebutan nama pengurus baru partainya di lokasi Kongres V PDIP di Inna Grand Bali Beach Hotel, Sabtu (10/8/2019).

Megawati kemudian menyebut satu persatu nama pengurus, beserta bagaimana Megawati menilai orang-orang tersebut.

Untuk Ketua DPP bidang Kehormatan Partai, yang ditunjuk adalah Komaruddin Watubun. Megawati mengingat Komaruddin sebagai sosok yang meledak-ledak saat masih berusia muda. Kini diakuinya Komaruddin sudah lebih kalem di usianya yang makin matang.

Ketua DPP bidang ideologi dan kaderisasi adalah Djarot Saiful Hidayat. Sementera Ketua DPP bidang pemenangan pemilu Bambang Wuryanto, Ketua DPP bidang keanggotaan dan organisasi Sukur Nababan. Megawati menyebut Sukur adalah pebisnis MLM dengan produk vitamin.

Ketua DPP bidang Pemerintahan, pertahanan, dan keamanan Puan Maharani disusul Ketua DPP bidang Hukum, HAM, dan Perundang-undangan Yasona Laoly.

"Dia nanti saya suruh urusi, bukan soal HAKI saja, tapi juga hukum Indonesia yang menurut saya sekarang makin amburadul pada tingkat tertentu. Mesti ditata ulang," kata Megawati soal Yasona.

Ketua DPP Bidang Perekonomian adalah Said Abdullah "Ini orang Madura ini," jelas Megawati soal Said Abdullah.

Ketua DPP bidang pangan, pertanian, kehutanan dan lingkungan hidup adalah I Made Urip. Adapun Ketua DPP bidang kelautan dan perikanan dijabat Rokhmin Dahuri.

Megawati menyebut dirinya membentuk bidang baru yakni bidang luar negeri. Baginya isu luar negeri itu cukup sulit karena harus tahu politik, mesti bisa berkoordinasi dengan beberapa kementerian serta legislatif, sekaligus mesti berbahasa inggris. 

Yang ditunjuk sebagai Ketua DPP bidang luar negeri adalah Ahmad Basarah. "Musti bisa bahasa Inggris. Kalau tak bisa, mesti belajar," kata Megawati.

Ketua DPP bidang penanggulangan bencana adalah Ribka Tjiptaning. Untuk posisi, Ketua DPP bidang industri, tenaga kerja, dan jaminan sosial dijabat Nusyirwan Soejono. Ketua DPP bidang kesehatan perempuan dan anak adalah Sri Rahayu. 

Megawati lalu mengaku bahwa dirinya mencoba menghubungi seseorang sejak tadi malam. Dan ketika ditawari ternyata bersedia.

"Saya pikir ajaib juga, kok mau ya? Tapi orangnya saat ini sedang membongkar sekolah. Ketua DPP bidang kebudayaan adalah Tri Rismaharini," kata Megawati.

Ketua DPP bidang koperasi dalam rangka peningkatan kesejahteraan rakyat adalah Mindo Sianipar, Ketua DPP bidang pariwisata adalah Wiryanti Sukamdani.

Posisi Ketua DPP bidang pemuda dan olahraga dijabat Eriko Sotarduga, dan Ketua DPP bidang keagamaan dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa adalah Prof. Hamka Haq.

"Susah loh cari buat bidang ini. Karena tadinya saya pikir siapa ya (yang baru)? Tapi ya tak ketemu juga," kata Megawati.

Ketua DPP bidang UMKM, ekonomi kreatif, dan ekonomi digital adalah Mohammad Prananda.

Yang selanjutnya disebut Megawati adalah orang terdekatnya yakni Sekjen. Dia bercerita telah menerima banyak masukan. Ada yang mengatakan bahwa jabatan sekjen hanya bisa satu periode. Namun ketika dicek di AD/ART partai, tak ada bunyi aturan demikian.

"Ada yang bila harusnya begini, begitu. Saya tampung saja. Kalau usul kan boleh. Tapi Sekretaris Jenderal adalah Hasto Kristiyanto," beber Megawati.

Wakil Sekjen bidang internal adalah Utut Adianto. Sedangkan, Wakil Sekjen bidang pemerintahan adalah Arif Wibowo

"Ini orang dari dulu rambut hitam sampai rambut putih. Dia ini ahlinya di KPU. Tapi korbannya ya rambutnya jadi putih deh semua," ujar Megawati.

Wakil Sekjen bidang kerakyatan adalah Sadarestuwati, yang disebut Megawati sebagai sosok rajin di Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) PDI Perjuangan.

Bendahara Umum PDI Perjuangan adalah Olly Dondokambey. Olly bersama wakil bendahara internal Rudianto Tjen dan wakil bendahara bidang program Juliari Batubara.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES