Peristiwa Nasional

Para Pembicara Internasional Siap Sajikan Topik Menarik di PGConf.ASIA 2019

Senin, 05 Agustus 2019 - 12:56 | 82.71k
PGConf.ASIA 2019
PGConf.ASIA 2019

TIMESINDONESIA, DENPASAR – Sekitar 27 pembicara internasional akan memaparkan topik menarik seputar implementasi dan dampak PostgreSQL di dunia bisnis. Semua akan dipaparkan pada perhelatan tingkat dunia bertajuk PGCOnf.ASIA 2019 di Bali mulai 8-11 September 2019.

Dihelat untuk pertama kalinya di Indonesia, konferensi internasional ini akan menghadirkan para pembicara internasional untuk saling berbagi pengalaman kepada para peserta konferensi. Serangkaian topik menarik yang terbagi ke dalam 30 sesi akan dipaparkan seputar implementasi dan dampak PostgreSQL di dunia bisnis. 

Keamanan data merupakan persyaratan mendasar sebuah software yang digunakan di lingkungan perusahaan. Salah satu metode kuat untuk memproteksi data adalah enkripsi guna melindungi informasi rahasia seperti nomor kartu kredit maupun informasi pribadi pengguna. Dan Masahiko Sawada, insinyur software di NTT Jepang akan menyampaikan topik keamanan tingkat lanjut PostgreSQL.

TIMES-Indonesia-PGConf-Asia-2.jpg

"Saya telah melakukan riset untuk membuat memperkuat keamanan PostgreSQL dengan mengimplementasika fitur Transparent Data Encryption (TDE) di dalam PostgreSQL," papar Masahiko Sawada yang juga akan memaparkan manajemen kunci enkripsi menggunakan sistem manajamen kunci enkripsi yang menjadi fitur penting lain dari enkripsi data.

Kalangan bisnis modern telah mengakui kemampuan database open source untuk mengakselerasi upaya transformasi digital. Selama dua tahun berturut-turut, PostgreSQL berhasil mempertahankan posisi puncak sebagai database dengan pertumbuhan tercepat di dunia menurut DB-Engines. 

Di sisi popularitas, DB-Engines melaporkan bahwa database open source mengalami peningkatan popularitas setiap tahunnya sejak 2013  dan telah menggerus pangsa pasar database komersial. Chris Travers, seorang insinyur software sekaligus kontributor PostgreSQL akan memamparkan sejarah perjalanan PostgreSQL dan perkembangannya yang pesat di sektor bisnis dan finansial hingga industri 4.0.

"Sejak menggunakannya mulai 1999, PostgreSQL telah berkembang menjadi raja database open source dalam aplikasi bisnis. Pertumbuhannya kini kian cepat salah satunya dengan memanfaatkan tren Industri 4.0," kata Chris Travers. 

Julyanto Sutandang, CEO PT Equnix Business Solutions, ingin menawarkan cara untuk membangun ekosistem bisnis untuk PostgreSQL, terutama di negara berkembang. "Perlu dibangun sebuah eksosistem bisnis yang lebih baik bagi PostgreSQL agar bisa digunakan pada pasar lebih luas dan besar," ujar Julyanto Sutandang.

Topik yang tidak kalah menarik akan dipaparkan oleh Sangwook Kim, co-founder dan CEO Apposha yang membangun Database-as-a-Service berperforma tinggi, tentang terobosan besar dalam peningkatan kinerja PostgreSQL terutama saat menggunakan hardware modern seperti SSD berperforma tinggi. 

PGConf.ASIA 2019 sendiri merupakan ajang tahunan konferensi internasional di Asia, yang hampir setiap tahun diselenggarakan di Tokyo, Jepang. Komunitas PostgreSQL tersebut akan mempertemukan para pengguna, pengembang dan para ahli, memaparkan implementasi bisnis, terobosan, peningkatan efisiensi, sekuriti, professional support, studi kasus, kisah sukses, fitur baru, dan best practice dari PostgreSQL database Open Source. 

TIMES-Indonesia-PGConf-Asia-2.jpg

Menurut Julyanto Sutandang, terselenggaranya konferensi PostgreSQL terbesar di Asia ini merupakan bentuk kepercayaan dunia Open Source terhadap Indonesia. Dipilihnya Indonesia sebagai tuan rumah perhelatan PGConf.ASIA 2019 menunjukkan bahwa perkembangan serta popularitas PostgreSQL di tanah air telah mengalami pertumbuhan yang pesat. 

Perhelatan PGConf.ASIA 2019 juga mendapatkan dukungan dari sejumlah sponsor, di antaranya adalah 5 perusahaan besar, yang menunjukkan kemajuan dukungan positif terhadap PostgreSQL di tanah air. Dengan demikian, para peserta konferensi hadir secara independen tanpa aliansi industri sehingga mampu menyuguhkan pandangan yang realistis. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Dhian Mega
Sumber : Press Rilis

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES