Peristiwa Internasional

Sebanyak 201.376 JCH Indonesia Telah Tiba di Arab Saudi

Minggu, 04 Agustus 2019 - 10:59 | 48.93k
Jemaah Haji di Makkah. (Ilustrasi)
Jemaah Haji di Makkah. (Ilustrasi)

TIMESINDONESIA, JAKARTASiskohat Kementerian Agama mencatat sebanyak 201.376 JCH Indonesia yang tergabung pada 494 kloter dari 13 embarkasi di Indonesia, sampai Sabtu (3/8/2019) WAS (Waktu Arab Saudi) telah tiba di Arab Saudi dan tercatat 52 jemaah wafat.

Pada Sabtu (10/8/2019), pekan depan JCH Indonesia akan menjalani puncak haji, wukuf di pasang Arafah, tempat Nabi Adam AS memohon ampunan Allah SWT. Pada saat itu jemaah Indonesia akan berkumpul bersama dengan jutaan umat muslim dari seluruh dunia.

Siskohat (Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu) juga mencatat, dari jumlah jemaah yang sudah tiba di Arab Saudi itu, 11 ribu di antaranya adalah jemaah lansia yang berusia 75 tahun ke atas.

Dari data kesehatan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Indonesia mencatat, 86 jemaah masih berada dalam perawatan Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Daerah Kerja Makkah.

Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin mengapresiasi dedikasi dan komitmen petugas kesehatan haji Indonesia. "Dedikasi mereka luar biasa, mereka dari tanah air sudah menyiapkan diri untuk tidak berhaji, tetapi semata all out untuk melayani jemaah haji," ujar Menag Lukman saat mengunjungi Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Makkah,

"Mereka berpegang pada prinsip, bahwa ibadah itu tidak hanya dalam bentuk pergi ke masjidil haram atau melakukan tawaf, sa'i, tapi membantu jemaah-jemaah haji yang mengalami gangguan kesehatan juga ibadah," tutur Menag.

Dalam pertemuan dengan para petugas kesehatan di KKHI itu Menag juga membahas persiapan wukuf di Arafah, seperti safari wukuf para jemaah yang sakit dan badal haji bagi jemaah yang telah wafat.

Hingga kini Siskohat Kementerian Agama mencatat sebanyak 201.376 JCH Indonesia yang tergabung pada 494 kloter dari 13 embarkasi di Indonesia, sampai Sabtu (3/8/2019) WAS (Waktu Arab Saudi) telah tiba di Arab Saudi dan tercatat 52 jemaah wafat.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES