Peristiwa - Daerah

Akhirnya Bondowoso Keluar dari Status Daerah Tertinggal

Akhirnya Bondowoso Keluar dari Status Daerah Tertinggal Surat keputusan Kemendes PDTT. (FOTO: Istimewa)
Rabu, 31 Juli 2019 - 22:46

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Setelah menunggu cukup lama, akhirnya Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur keluar dari status daerah tertinggal.

Hal itu berdasarkan keputusan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), nomor 79 Tahun 2019 tentang penetapan kabupaten daerah tertinggal yang terentaskan tahun 2015-2019.

Penetapan itu berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 2 Tahun 2015 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2015-2019 ditargetkan 80 kabupaten entas dari ketertinggalan.

Bahwa sesuai dengan hasil evaluasi yang telah dilakukan oleh Tim Koordinasi Evaluasi Pusat dan Tim Pelaksana Daerah terdapat 62 kabupaten dengan potensi entas, dan salah satunya Kabupaten Bondowoso.

Surat-keputusan-Kemendes-PDTT-b.jpg

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Bondowoso, Farida menjelaskan diperolehnya predikat itu karena banyak indikator yang jadi penyebab ketertinggalan sudah diperbaiki.

“Yang terakhir adalah celah fiskal. Kemiskinan kita pelan tapi pasti terus turun," jelasnya Rabu 31/07/2019.

Sementara untuk angka rata-rata lama sekolah dan IPM sudah diintervensi dengan program dan inovasi-inovasi. "Semoga dalam masa pemulihan ini dengan intervensi yang terfokus Bondowoso akan menjadi baik dan melesat," harapnya.

Menurutnya, Pemkab akan melakukan langkah cepat untuk mengentaskan kemiskinan. Bahkan Kamis besok mengundang narasumber dari UNEJ dalam rangka penanggulangan kemiskinan nasional yang diterapkan di Bondowoso.

Berdasarkan hasil koordinasi dengan Kemendes PDTT, jelas dia, Kabupaten Bondowoso telah memenuhi beberapa indikator. Salah satunya menaikkan indeks pembangunan manusia (IPM) serta angka rata-rata lama sekolah, menekan angka pernikahan dini dan pemberdayaan ekonomi.

"Prestasi lepas status daerah tertinggal ini juga wujud kerja sama yang baik antara Pemerintah Kabupaten Bondowoso dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Bondowoso dan seluruh masyarakat," katanya.

Selain Kabupaten Bondowoso, ada tiga Kabupaten lain di Jawa Timur  yang keluar dari status daerah tertinggal. Diantaranya Situbondo, Bangkalan dan Sampang.(*)

Jurnalis : Moh Bahri
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Bondowoso

Komentar

Registration