Wisata

Yuk Belajar Sejarah Sepuasnya di Museum Ganesya Hawai Waterpark

Subscribe TIMES Indonesia KLIK >>>
Rabu, 31 Juli 2019 - 14:55

TIMESINDONESIA, MALANG – Mengapa Hawai Waterpark yang sekarang dilengkapi dengan keberadaan Museum Ganesya itu patut dikunjungi? "Karena di Museum Ganesya inilah akan banyak tentang sejarah peradaban bangsa kita yang bisa dan perlu digali oleh anak-anak kita," kata Direktur Utama Hawai Group yang mengelola wahana ini, Bambang Yudho Utomo. 

Bahkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan,  Prof. Dr. Muhadjir Effendy, MAP menilai Museum Ganesya ini sangat kaya dengan benda purbakala yang mewariskan jutaan kisah dibaliknya. Bagus sekali untuk pendidikan sadar budaya bagi anak-anak sekolah.

Karena itu, kata dia, silahkan para pelajar mulai SD sampai SMA bahkan Perguruan Tinggi, untuk mendatangi Museum Ganesya. "Tanyakan pada guide kami sepuasnya tentang pusaka, topeng dan sebagainya agar bisa menambah wawasan. Karena ini museum edukasi," tegasnya. 

Bukan tanpa alasan Bambang menyebutkan bahwa pusaka, topeng, artefak, fragmen-fragmen yang ditampilkan di Museum Ganesya ini patut untuk dipelajari bagi pelajar se Malang Raya dan luar Malang bahkan luar Jawa. Karena pusaka dan artefak2 itu peninggalan jaman Singosari hingga Majapahit. 

"Kita tahu bahwa sejarahnya dulu kekuasaan Majapahit ini seluruh wilayah Nusantara. Kebesarannya itulah yang tak lepas dari benda-benda yang ditinggalkannya aepeeti yang kami pamerkan di Museum Ganesya ini. Silahkan berwisata, bersenang-senang sambil belajar di sini," ujarnya. 

Untuk wahana wisatanya, yang dikelola Hawai Group, kata Bambang ada 4 yakni Hawai Waterpark, Malang Night Paradise untuk wisata malam hari, Museum Ganesya sebagai museum edukasi dan Malang Smart Arena sebuah wahana permainan anak-anak terbesar.

Menempati area sekitar 8 hektare di kompleks perumahan Graha Kencana, Hawai Group berencana masih akan memperluas kawasan wisata ini. 

Keunggulan wisata air Hawai Waterpark ini adalah Tsunami yang tingginya mencapai 3,5 meter dan ini satu-satunya di Indonesia. "Dan saat malam hari Malang Night Paradise menyuguhkan unggulan Magic Journey, naik perahu sambil menikmati keunggulan sembilan negara,  seperti Jepang, Thailand, Cina dan sebagainya," kata Bambang. 

Tentang Malang Smart Arena keunggulannya selain terbesar juga indoor. Ada flying-fox serta wahana ketangkasan yang bagus untuk anak usia 10 tahun keatas hingga remaja. 

Mengapa Hawai Waterpark yang sekarang dilengkapi dengan keberadaan Museum Ganesya itu patut dikunjungi? Karena di Museum Ganesya inilah bisa banyak digali tentang sejarah peradaban bangsa kita yang perlu diketahui oleh anak-anak. (*)

Jurnalis : Widodo Irianto
Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Malang

Komentar

Loading...
Registration