Gaya Hidup

Wow.. Di Perumahan BTN Pupuk Kaltim Ada Kampung Bersih dan Unik

Minggu, 28 Juli 2019 - 22:32 | 579.64k
Ketua RT 31, Sukadiun dan Bendaharanya, Eka Wijayanto berfoto di Jalan Bekantan wilayah RT 31 Kelurahan Belimbing Bontang (Foto : Kusnadi /TIMES Indonesia)
Ketua RT 31, Sukadiun dan Bendaharanya, Eka Wijayanto berfoto di Jalan Bekantan wilayah RT 31 Kelurahan Belimbing Bontang (Foto : Kusnadi /TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BONTANG – Mungkin tidak banyak yang tahu kalau di perumahan karyawan Pupuk Kaltim, ada sebuah RT yang memoles penampilan kampungnya berwarna dan hijau. Ya, lokasinya berada di jalan Bekantan RT 31 Kelurahan Belimbing, Perumahan BTN Pupuk Kaltim, Kecamatan Bontang Barat, Kota Bontang.

Jika datang ke wilayah ini, anda tinggal masuk ke  Perumahan BTN PKT jalan Menjangan kemudian anda akan mendapati gapura yang terbuat dari beton yang bertuliskan selamat datang di RT 31.

Diyakini, kalau sudah masuk ke wilayah ini maka mata anda akan langsung tertuju langsung ke jalanan yang dipenuhi lukisan menarik dan penuh pesan. Ada juga lampion indah yang digantung di atas jalan. 

BTN-Pupuk-Kaltim-Ada-Kampung-Bersih-dan-Unik-b.jpg

Hampir semua rumah warganya dihiasi bunga dan buah buahan. Di sisi pinggir jalan pun dipenuhi pot bunga.

Lebih ke dalam lagi, di ujung jalan ini, akan anda temui pojok kebun hidroponik buah karya warga, khususnya ibu ibu warga RT 31. 

Bila sudah layak untuk dipanen, siapa saja warga boleh memetiknya. Tampak di sana, bayam, sawi dan lengkuas hingga tanaman obat. 

BTN-Pupuk-Kaltim-Ada-Kampung-Bersih-dan-Unik-c.jpg

Ketua RT 31, Sukadiun (58) saat ditemui, hal ini berkat motivasi warga yang ingin wilayahnya bersih, nyaman dan hijau seperti slogan yang diusung warga. "Slogan kami bisa, bersih, indah, sehat dan aman," ujarnya. 

Pria yang masih bekerja di Pupuk Kaltim ini menjelaskan, semua ide dan bahan dalam pembuatan gambar mewarnai jalan tersebut baik dana dan tenaga semuanya dari swadaya masyarakat. "Kami kumpul uang semampunya masyarakat kemudian kami belikan cat, lampion sampai pelukisnya pun gratis," jelas Sukadiun yang diamini oleh Bendahara RT 31, Eka Wijayanto.

Warga juga telah sepakat, setiap Sabtu dan Minggu untuk menutup jalan dalam rangka mengurangi polusi udara.

BTN-Pupuk-Kaltim-Ada-Kampung-Bersih-dan-Unik-d.jpg

Tidak berhenti sampai di situ. Pihaknya sedang menggalakkan program mengurangi sampah plastik. Sampah warga akan dipilah di bank sampah yang terletak di belakang aula pertemuan RT. "Sampah kami pilah yang plastik kami simpan di bank sampah untuk kami manfaatkan menjadi barang yang bermanfaat nantinya," ucapnya. 

Tidak lama lagi RT yang memiliki 57 kepala keluarga ini akan mengikuti lomba kebersihan tingkat Kecamatan Bontang Barat.,Antusiasme warga dalam mendukung program ini sangat terasa walau tanpa bantuan pemerintah Kota Bontang.  "Kami berharap kami bisa mewakili Bontang untuk tingkat Nasional, mohon doa dan dukungan semua pihak, " ujar Koming, salah satu warga RT 31 di Perumahan BTN Pupuk Kaltim ini.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : Bontang TIMES

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES