Peristiwa Daerah

Musim Panen, Barang Jaminan di Pegadaian Magetan Banyak yang Diambil

Rabu, 24 Juli 2019 - 14:34 | 175.70k
Pemimpin PT Pegadaian cabang Magetan, Sokran saat ditemui Jurnalis TIMES Indonesia di kantornya. (Foto: M Kilat Adinugroho/TIMES Indonesia)
Pemimpin PT Pegadaian cabang Magetan, Sokran saat ditemui Jurnalis TIMES Indonesia di kantornya. (Foto: M Kilat Adinugroho/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MAGETAN – Jumlah nasabah PT Pegadaian cabang Magetan yang menebus barang jaminan gadai mengalami peningkatan.

Hal itu, lantaran bertepatan dengan musim panen, sehingga para petani kembali datang ke pegadaian untuk menebus barang-barang yang digadaikan dengan uang hasil panen.

"Untuk saat ini banyak sekali nasabah yang menebus barang, mungkin karena musim panen. Nilai barang jaminan yang sudah ditebus mencapai sekitar Rp 6 miliar," ujar Pemimpin PT Pegadaian cabang Magetan, Sokran kepada TIMES Indonesia, Rabu (24/7/2019).

Sokran mengungkapkan, pada musim panen kali ini ada sekitar 750 nasabah yang menebus barang jaminan dengan berbagai jenis. Diantaranya, traktor, BPKB, dan sejumlah barang lainnya.

"Pada musim panen biasanya petani mulai menebus barang jaminan yang digadaikan. Kemudian, saat musim tanam mereka akan menggadaikan lagi untuk keperluan sehari-hari," jelasnya.

Menurut Sokran, jumlah nasabah yang menebus jamiman pada tahun ini meningkat sekitar 10 persen. "Peningkatan terjadi mulai pertengahan bulan Mei 2019 hingga sekarang. Nasabah kita setiap tahun selalu tumbuh dan bertambah," terangnya.

Sementara itu, nasabah PT Pegadaian cabang Magetan masih didominasi oleh para petani. Mengingat, sebagian besar warga Kabupaten Magetan bermata pencaharian sebagai petani. "Nasabah dari golongan PNS hanya sekitar 21 persen, pedagang 10-20 persen, dan selebihnya adalah petani," imbuhnya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Magetan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES