Peristiwa Daerah

PMI Kabupaten Blitar Distribusikan Air ke Dua Desa Terdampak Kekeringan

Rabu, 24 Juli 2019 - 13:45 | 87.56k
Staf Seksi Pelayanan Markas PMI Kabupaten Blitar mengecek kesiapanTruck tangki air PMI, Rabu (24/7/2019). (Foto: Sholeh/ TIMES Indonesia)
Staf Seksi Pelayanan Markas PMI Kabupaten Blitar mengecek kesiapanTruck tangki air PMI, Rabu (24/7/2019). (Foto: Sholeh/ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BLITAR – Palang Merah Indonesia Kabupaten Blitar (PMI Kabupaten Blitar) akan mendistribusikan 20 ribu liter air dalam sehari untuk mengurangi dampak kekeringan musim kemarau di dua desa di kecamatan Wonotirto Kabupaten Blitar.

Dikatakan Agus Hariadi, Staf Seksi Pelayanan Markas PMI Kabupaten Blitar, Truk tangki air PMI yang berkapasitas 5000 Liter dalam sehari akan 4 kali mendistribusikan.

Sesuai rencana, PMI Kabupaten Blitar akan mendistribusikan air bersih ke desa tersebut satu minggu 3 kali selama 3 bulan. 

"Sasaran droping air yaitu Dusun Caren dan Pungkalan di desa Wonotirto. Sedangkan di Desa Ngeni hanya di Dusun Kalidahu," terangnya, Rabu (24 /7/2019).

Agus mengemukakan, pendistribusian air bersih akan dimulai pada 30 Juli mendatang karena sekarang masih berkordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan juga menyiapkan armada truk tangki air yang baru didatangkan dari PMI Provinsi Jawa Timur kemarin.

"Kami armada pinjam dari PMI provinsi karena kami memang belum memiliki," tambahnya.

Dikatakan Agus, tiga dusun yang menjadi sasaran droping air tersebut sebenarnya terdapat mata air. Namun ketika musim kemarau, mata air tidak mencukupi kebutuhan sehari hari warga.

Tidak hanya itu, menurut Agus, jarak tempuh mata air dengan perkampungan paling dekat 1,5 Km sehingga dengan adanya droping air akan membantu memenuhi kebutuhan air bersih warga dusun tersebut. "PDAM juga belum masuk di ketiga dusun itu," tegas staf PMI Kabupaten Blitar ini.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Blitar

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES