Indonesia Positif

ACT Kaltim dan Kitabisa Bagikan Paket Perlengkapan Sekolah di Balikpapan

Rabu, 24 Juli 2019 - 10:23 | 46.22k
Untuk meningkatkan semangat belajar, ACT Kaltim memberikan paket perlengkapan sekolah bagi anak-anak di Sungai Wain, Banjarmasin. Selain itu, ACT dengan berbagai pihak juga akan melakukan pemberdayaan ekonomi lebih lanjut bagi warga prasejahtera di sekita
Untuk meningkatkan semangat belajar, ACT Kaltim memberikan paket perlengkapan sekolah bagi anak-anak di Sungai Wain, Banjarmasin. Selain itu, ACT dengan berbagai pihak juga akan melakukan pemberdayaan ekonomi lebih lanjut bagi warga prasejahtera di sekita

TIMESINDONESIA, BALIKPAPANACT Kaltim bersama Kitabisa.com menyalurkan ratusan paket perlengkapan sekolah ke anak-anak usia sekolah dasar hingga atas di area Sungai Wain, Kelurahan Karang Joang, tak jauh dari Kebun Raya Balikpapan.

Muhammad Iqbal dari Tim Program ACT Kaltim mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk membangkitkan semangat belajar anak-anak. Selain itu, program ini diharapkan dapat menjadi titik awal ACT untuk mengembangkan potensi yang ada di wilayah Sungai Wain.

“Warga di sini memiliki potensi bangkitnya ekonomi. Terdapat banyak pengrajin anyaman bambu, yang jika dikelola dengan baik dapat memperbaiki perekonomian warga dan desanya,” jelas Iqbal, Senin (22/7).

semangat-belajar-2.jpg

Desa Sungai Wain berjarak 22 kilometer dari Kota Balikpapan. Permukiman ini dihuni ratusan kepala keluarga di enam rukun tetangga. Desa Sungai Wain telah dihuni sejak ratusan tahun lalu, bahkan sebelum Kebun Raya Balikpapan dibangun.

Mayoritas penduduk di Sungai Wain bekerja sebagai naban (tenaga bantuan) di proyek instansi pemerintah maupun swasta. Penghasilan mereka hanya cukup untuk kebutuhan sehari-hari.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah Kebun Raya Balikpapan Arrizal Rahman mengungkapkan, di sekitar kebun raya masih banyak warga prasejahtera. Bantuan paket perlengkapan sekolah tersebut sangat membantu warga. Arrizal berharap perangkat desanya dapat berkolaborasi dengan ACT untuk memperbaiki kehidupan warga Sungau Wain.

Harapannya ke depan, ACT Kaltim bersama UPTD Kebun Raya Balikpapan serta badan lingkungan hidup akan bekerja sama merancang program pendidikan maupun pemberdayaan ekonomi masyarakat. "Potensi yang ada dapat lebih terorganisir dan menjadi nilai tambah ekonomi. Sebagai alternatif, Sungai Wain dapat menjadi tujuan ekowisata di Balikpapan yang menyimpan keanekaragaman hayati Kalimantan. Dengan kemampuan tambahan di bidang pembuatan suvenir, kawasan desa wisata tersebut diharapkan dapat berkembang menjadi kampung sentra suvenir di Balikpapan,” kata Arrizal. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES