Indonesia Positif Ketahanan Informasi Nasional

ACT Sulsel Siapkan 20 Ribu Liter Air untuk Warga Pesisir Maros

Rabu, 24 Juli 2019 - 08:16 | 68.80k
Bantuan air bersih ini dinikmati 684 KK atau 3.008 jiwa di Desa Ampekale, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Bantuan air bersih ini dinikmati 684 KK atau 3.008 jiwa di Desa Ampekale, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
FOKUS

Ketahanan Informasi Nasional

TIMESINDONESIA, MAROSACT Sulsel mendistribusikan air bersih pada warga di Desa Ampekale, Kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros, Selasa (23/7). Sudah dua bulan terakhir warga merasakan kesulitan air bersih. Bak-bak penampungan air mengering. Air tadah hujan sebagai satu-satunya sumber air tak lagi mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Pendistribusian air bersih oleh ACT Sulawesi Selatan berlangsung selama empat hari, terhitung mulai Selasa (23/7) hingga Jumat (26/7) mendatang. Air bersih diberikan secara merata ke empat dusun di Desa Ampekale, di antaranya Dusun Padaria, Dusun Mangarabombang, Dusun Lalang Tedong, dan Dusun Binanga Sangkara. Pemberian air bersih ini bekerja sama dengan aparat desa setempat.

Nur Ali Akbar dari Tim Program ACT Sulsel menjelaskan, total air bersih yang didistribusikan selama empat hari ini berjumlah 20 ribu liter. “Alhamdulillah, bantuan air bersih ini dinikmati 684 KK atau 3.008 jiwa di Desa Ampekale,” ungkap Nur Ali.

Di hari pertama pendistribusian air bersih itu, warga begitu antusias membawa wadah air, mulai dari ember, baskom, jeriken, hingga drum berukuran besar. "Kami berterima kasih kepada ACT atas bantuan airnya. Ini tentu sangat membantu masyarakat yang memang selama ini kekurangan air bersih," jelas Fuad selaku Kepala Desa Ampekale.

Kecamatan Bontoa sendiri memang dikenal sebagai satu kawasan di Kabupaten Maros yang kekurangan air bersih setiap tahun, apalagi saat musim kemarau tiba. Juli ini, ACT Sulsel berkomitmen untuk mendistribusikan air ke titik-titik rawan kekeringan di Sulawesi Selatan.

"Ini adalah salah satu wujud kepedulian kami kepada masyarakat khususnya mereka yang selama ini harus membeli air bersih untuk kebutuhan sehari-harinya," pungkas Nur Ali. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES