Peristiwa Nasional

JCH Indonesia Diimbau Tidak Membeli Makanan Diluar

Rabu, 24 Juli 2019 - 09:38 | 86.73k
Caption : Direktur Pelayanan Luar Negeri, Sri Ilham Lubis saat mencicipi makanan yang digarap katering di Arab Saudi. (FOTO: Kemenag)
Caption : Direktur Pelayanan Luar Negeri, Sri Ilham Lubis saat mencicipi makanan yang digarap katering di Arab Saudi. (FOTO: Kemenag)

TIMESINDONESIA, JAKARTAJCH Indonesia diimbau untuk tidak membeli makanan diluar karena makanan yang disediakan oleh pemerintah telah bisa memenuhi kebutuhan gizi makanan jemaah haji Indonesia.

Direktur Pelayanan Luar Negeri, Sri Ilham Lubis saat mengunjungi salah satu perusahaan penyedia katering di Madinah, Selasa (23/7/2019) mengatakan, para jemaah tidak perlu lagi menyiapkan makanan atau membeli makanan di luar, apalagi jajan.

"Kami mengkhawatirkan kalau mereka jajan di luar, kita semua tidak tahu makanan itu sumbernya dari mana dan apakah higienis atau tidak,” ujarnya.

Dikatakan, selama di Madinah, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) telah menyediakan makan dua kali sehari beserta minumnya, sedangkan untuk sarapan pagi dan malam hari juga diberikan roti.

Sri-Ilham-Lubis-2.jpg

Sebagai Pengendali Teknis Pelayanan Luar Negeri PPIH, Sri Ilham juga menjamin bahwa makanan yang disediakan oleh pemerintah dapat memenuhi kebutuhan gizi jemaah haji Indonesia. “Sesuai dengan kontrak kita dengan penyedia katering, kita memang meminta mereka untuk menyiapkan bahan baku dari Indonesia,” katanya.

Ia mengatakan bahwa PPIH mensyaratkan perusahaan katering untuk menggunakan bahan baku dari Indonesia, antara lain bumbu, kecap, teh, termasuk juga ikan patin, termasuk juru masak dari Indonesia.

“Kami tadi telah merasakan sendiri bagaimana kualitas makanan yang akan didistribusikan ke jemaahya. Nasinya pulen dan sayur mayurnya juga fresh, tidak terlalu matang, tidak terlalu keras dan rendangnya sudah sesuai dengan rasa rendang yang ada di Indonesia,” ujar Sri.

Karena itu kepada JCH Indonesia, Sri mengimbau untuk tidak membeli makanan diluar karena makanan yang disediakan oleh pemerintah itu telah bisa memenuhi kebutuhan gizi makanan jemaah haji Indonesia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Widodo Irianto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES