Gaya Hidup

Pentingnya Memilih Obat Tradisional dan Kosmetik yang Aman

Pentingnya Memilih Obat Tradisional dan Kosmetik yang Aman Obat tradisional. (IST/farmasi.unpad.ac.id)
Rabu, 24 Juli 2019 - 02:07

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pilihan obat tradisiona maupun kosmetik semakin beragam. Semakin banyak pula obat dan kosmetik ilegal yang belum bisa dipastikan keamanannya. Oleh karena itu, BPOM (Badan Pengawas obat dan Makanan) mengimbau masyarakat cerdas memilih obat tradisional dan kosmetik yang aman.

Kepala BPOM Penny K. Lukito menuturkan masyarakat perlu diedukasi agar tidak sembarang mengonsumsi produk yang ternyata mengandung bahan berbahaya bagi tubuh, apalagi yang peredarannya tidak seizin BPOM.

Saat ini, peredaran kosmetik ilegal memang sangat banyak. Hal ini karena minat pembeli juga banyak, terutama para wanita. Mereka ingin cantik dengan modal yang tak menguras kantong.

Selain itu, obat tradisional juga sangat diminati karena dinilai lebih aman dan tidak menimbulkan efek samping. Namun, sebenarnya masyarakat belum mengerti obat tersebut benar-benar aman atau tidak.

Masyarakat didorong untuk tumbuh menjadi konsumen cerdas sehingga tidak memilih produk berbahaya melainkan yang berkualitas karena pangan juga aspek penting dalam mendukung pembangunan manusia yang unggul.

Bukan hanya untuk diri sendiri, sebaiknya kita turut mengedukasi masyarakat lain untuk bijak memilih obat tradisional dan kosmetik yang aman. Dengan langkah ini, kita turut membantu sesama untuk terhindar dari berbagai dampak buruk penggunaan obat dan kosmetik berbahaya. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani
Sumber : Antara News

Komentar

Loading...
Registration