Peristiwa Daerah

Anggaran untuk Pilkada Ngawi 2020 Rp 45 Miliar, Naik Dua Kali Lipat

Selasa, 23 Juli 2019 - 23:09 | 40.40k
Aman Ridho Hidayat komisioner KPU Ngawi tengah memimpin rapat koordinasi. (Foto: Ardian Febri Tri H/TIMESIndonesia)
Aman Ridho Hidayat komisioner KPU Ngawi tengah memimpin rapat koordinasi. (Foto: Ardian Febri Tri H/TIMESIndonesia)

TIMESINDONESIA, NGAWI – Pelaksanaan Pilkada Ngawi 2020 diperkirakan menghabiskan anggaran Rp 45 miliar. Jumlah itu naik dua kali lipat dibandingkan anggaran pilkada sebelumnya pada 2015 lalu.

Aman Ridho Hidayat, Komisioner  KPU Ngawi Devisi Teknis Penyelenggara menjelaskan hampir separuh anggaran pilkada tersedot untuk honor badan adhoc. Di antaranya PPK, PPS dan KPPS selama tahapan awal hingga selesai.

"Dari Rp 45 miliar itu, 40 persen untuk untuk gaji penyelenggara dari tingkat kecamatan hingga desa," jelas Ridho demikian panggilan akrabnya, Selasa (23/7/2019).

Penyebab kenaikan anggaran dibanding pilkada sebelumnya, Ridho menyebut salah satunya untuk pengadaan kotak suara. Selain mengganti kotak suara yang rusak, perlu ada penambahan. Karena jumlah pemilih diperkirakan juga bertambah dibanding tahun 2015 lalu.

"Selama 5 tahun berjalan, kami memperkirakan jumlah DPT akan naik," katanya.

Namun, kebutuhan anggaran yang direncanakan KPU Ngawi tersebut baru sebatas pengajuan. Nominal tersebut dimungkinkan bisa berkurang namun kecil kemungkinan bertambah.

"Rencana anggaran masih dalam pembahasan di internal KPU Ngawi. Nanti kalau sudah dibahas akan diajukan ke Pemkab Ngawi," kata Ridho usai memimpin rapat koordinasi Pilkada Ngawi 2020.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yupi Apridayani
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Madiun

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES