Gaya Hidup

Ketika Avengers Menari Beksan Wanara

Selasa, 23 Juli 2019 - 22:55 | 185.69k
Salah satu adegan avengers saat flash mob. (Ilustrasi/TIMES Indonesia)
Salah satu adegan avengers saat flash mob. (Ilustrasi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Akhir-akhir ini, warganet dihebohkan video viral flash mob Beksan Wanara. Uniknya, tarian secara massal yang beberapa bulan lalu pernah heboh di Jalan Malioboro dan berbagai tempat lainnya di Yogyakarta ini ternyata menginspirasi pecinta animasi dan penggemar game.

Salah satunya adalah flash mob yang diperankan oleh lakon film barat Avengers seperti Spiderman menari Beksan Wanara. Video apik dalam youtube ini membuat penggemar game dan animasi tertarik. Sehingga, wajar bila karya inovatif ini membuat jutaan orang tertarik untuk menontonnya.

Beksan Wanara adalah sebuah tarian yang menggambarkan tingkah laku dan gerakan gerakan seekor kera. Kera dalam khazanah kebudayaan Jawa ialah tokoh yang banyak muncul dalam berbagai cerita dan mitologi. Seperti Hanoman seekor kera putih yang menjadi tokoh sentral dalam babad Ramayana. Juga tokoh kera Sugriwa dan Subali.

Gerakan tarian yang menggambarkan tingkah laku kera ini di aplikasi dalam bentuk Beksan atau tarian khas Yogyakarta yang kemudian dikenal dengan tarian kera atau Beksan Wanara. Tampilan Avengers yang merupakan ikon dunia barat dan teknologi menjadi menarik ketika berada dalam Kosmo tradisi dan mitos. Menjadi menarik karena beberapa tokoh Avengers juga lahir dari mitologi yang ada.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Yogyakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES