Wisata

Jogjabike Unit MTB Diluncurkan Khusus Blusukan Kampung Wisata

Selasa, 23 Juli 2019 - 22:42 | 123.89k
Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti saat meluncurkan Jogjabike Unit MTB. (FOTO: Istimewa/TIMES Indonesia)
Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti saat meluncurkan Jogjabike Unit MTB. (FOTO: Istimewa/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Pemerintah Kota Yogyakarta bersama Jogjabike telah meluncurkan unit sepeda jenis MTB atau sepeda gunung untuk melengkapi koleksi layanan Jogjabike yang sebelumnya hanya mengadopsi ontel, Selasa (23/7/2019).

Bagi wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta, kini tak perlu bingung lagi untuk blusukan ke kampung wisata dengan cara gowes.

“Jogjabike versi MTB ini untuk mewadahi aspirasi pengguna yang menginginkan bisa berkendara nyaman untuk jarak jarak yang agak jauh, bukan di sekitaran Malioboro saja," ujar Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti saat mengenalkan unit Jogjabike MTB itu di kawasan Titik Nol Kilometer Malioboro, Selasa (23/7/2019).

Sebagai program awal, Jogjabike edisi MTB diluncurkan 10 unit untuk menambah 275 unit ontel Jogjabike yang sudah tersedia di berbagai titik sekitaran Jalan Mangkubumi hingga Malioboro itu.

“Dengan Jogjabike MTB ini harapan kami wisatawan yang menyewa sepeda bisa berpergian sampai kampung kampung wisata di pinggiran Yogya, yang jalan kampungnya sempit dan tak bisa di akses becak atau andong atau angkutan umum lain,” ujar Haryadi.

Haryadi mengatakan keberadaan alat transportasi ramah lingkungan juga akan mendukung uji coba Malioboro yang diarahkan menuju kawasan semi pedestrian.

Komisaris Jogjabike, Triyanto mengatakan layanan Jogjabike tidak sekedar untuk melengkapi alat transportasi ramah lingkungan. Justru menjadikan aktivitas sepeda sebagai penunjang destinasi wisata di Yogyakarta.

“Untuk unit MTB ini kami sediakan atas permintaan wisatawan yang ingin sarana dengan daya jelajah lebih panjang dibanding sepeda onthel,” ujarnya.

Triyanto menuturkan, lewat unit sepeda gunung itu, ia berharap menghubungkan pusat wisata di Malioboro dengan kampung-kampung wisata yang ada di sekitarnya.

Jogjabike sendiri merupakan layanan sewa transportasi sepeda berbayar yang diluncurkan Yogyakarta sejak 2018 lalu, namun model sewanya memanfaatkan aplikasi pada smartphone.

Pengguna harus mengunduh aplikasi itu untuk dapat menikmati fasilitas sepeda daring yang tarifnya Rp 5 ribu per jam itu. Layanan Jogjabike bisa diakses wisatawan lewat aplikasi Ina Bike. Untuk pembayaran sewanya bisa melalui aplikasi Link Aja atau tunai. Layanan Jogjabike sendiri saat ini memiliki rata-rata trip peminjaman 100 hingga 150 trip perharinya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Yogyakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES