Ekonomi

Produk PT GNE Mulai Banyak Dipesan, Gubernur NTB: Harus Terus Didorong

Selasa, 23 Juli 2019 - 19:52 | 256.57k
Gubernur NTB Zulkiflimansyah saat meninjau produk PT GNE. (foto:Diskominfotik NTB)
Gubernur NTB Zulkiflimansyah saat meninjau produk PT GNE. (foto:Diskominfotik NTB)

TIMESINDONESIA, MATARAMGubernur NTB Zulkieflimansyah mengaku gembira karena PT Gerbang NTB Emas (PT GNE) salah satu BUMD milik Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) kini sudah mulai mendapat pesanan produk permesinan dari masyarakat dan para pelanggan.

Gubernur menegaskan bahwa industrialisasi memang harus mulai dari hadirnya industri permesinan. Karena dengan mesin, kata putra kelahiran Sumbawa itu memungkinkan produktivitas meningkat di berbagai sektor.

"Semua bisa kita buat asal ada kemauan dan tekad yang kuat," tegasnya saat mengunjungi kantor pemasaran PT GNE, di Cakranegara, Selasa (23/07/19)..

Tugas pemerintah daerah tambahnya, membuka akses pasar bahkan menciptakan pasar buat produk-produk mesin karya masyarakat dan anak-anak muda.

Karena itu Gubernur mengingatkan kepada jajarannya, terutama organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup pemerintah Provinsi NTB untuk mulai membangun kerjasama dengan PT GNE.

Misalnya menjadi pasar bagi BUMD itu untuk pemenuhan barang-barang kebutuhan dalam pelaksanaan kegiatan pembangunan yang dilaksanakan perangkat daerah yang bersangkutan.

Diantaranya, pengadaan marka jalan dan petunjuk arah di Dinas Perhubungan. Alsintan, perlengkapan alat-alat pertanian lainnya, mesin pengolahan, pengeringan, alat pasca panen di Dinas Pertanian dan Perkebunan. 

Demikian juga di Dinas Perdagangan, Doktor Zul menyebut pengadaan terop, gerobak UKM, dan peralatan lain untuk bantuan kepada para pedagang mestinya bisa diadakan lewat BUMD atau mengutamakan produk-produk lokal dari anak-anak NTB. Juga Dinas LHK untuk mesin pengolahan sampah, bak sampah, karoseri dump truk dan lain-lain.

Kalau di Dinas Perindustrian seperti pengadaan mesin-mesin pengolahan untuk IKM serta paving blok, kanstin, alat berat, mesin bor dan peralatan lainnya yang dibutuhkan oleh Dinas PU dan Dinas Perumahan Pemukiman.

"Sementara di Dinas Sosial, pengadaan mesin pengolahan untuk bantuan ke masyarakat. Bahkan semua OPD mestinya juga bisa melakukan servis rutin kendaraan dinas di bengkel PT GNE," ujar Gubernur NTB.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Mataram

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES