Peristiwa - Daerah

DKP3 Kota Bontang dan TP PKK Bontang Menggelar Festival Pangan Lokal

DKP3 Kota Bontang dan TP PKK Bontang Menggelar Festival Pangan Lokal Tim juri Festival pangan lokal Bontang sedang melakukan penilaian (Foto: Kusnadi /TIMES Indonesia)
Selasa, 23 Juli 2019 - 18:07

TIMESINDONESIA, BONTANG – Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan dan Pertanian Kota Bontang (DKP3 Kota Bontang) gandeng TP PKK Kota Bontang menggelar Festival Pangan Lokal B2SA, Selasa (23/7/2019).

Festival pangan yang digelar di Aula Tiga Dimensi Jalan Awang long Kota Bontang ini pembiayaannya bersumber dari APBD Kota Bontang tahun 2019 pada kegiatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan, Program Peningkatan Ketahanan Pangan.

Kegiatan ini digelar bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat dalam penerapan prinsip B2SA (konsumsi pangan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman) dengan memanfaatkan olahan pangan lokal, serta mendorong kreativitas dan inovasi dalam pengembangan olahan pangan lokal yang bernilai komersial.

Festival-pangan-lokal-Bontang-a.jpg

"Peserta kegiatan terdiri dari peserta kegiatan Festival Pangan Lokal B2SA Tingkat Kota Bontang Tahun 2019 diikuti oleh 15 TP PKK Kelurahan dan 3 TP PKK Kecamatan," ujar Kepala DKP3, Aji Erlynawati kepada awak media usai opening ceremony berlangsung.

Aji Erlynawati menjelaskan kegiatan ini merupakan rangkaian dari kegiatan sebelumnya (19/9/2019) yakni Technical Meeting Festival Pangan Lokal B2SA di Ruang Pertemuan TP PKK Kota Bontang.

Sementara tim juri terdiri dari Ahli Gizi (PERSAGI Kota Bontang), Ahli Tata Boga (ICHA Kota Bontang) serta Ahli Teknologi Pengolahan Pangan (Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan Dan Pertanian Kota Bontang).

"Mekanisme peniIaian dalam festival ini mencakup dua aspek yaitu peniIaian terhadap dokumen yang dikirim ke panitia serta paket lengkap paket lunchbox B2SA (Non Beras Non Terigu). Sementara untuk peniIaian pada saat display meliputi keseimbangan porsi dan keberagaman antara kelompok pangan, cita rasa, kreativitas pengolahan dan penyajian serta bernilai komersial," ungkap Aji Erlinawaty.

Dalam festival ini, kategori juara telah disiapkan panitia dengan kategori, Juara 1 (sekaligus juara umum), Juara ll, Juara III serta Harapan 1, Harapan ll dan Harapan III. 

Panitia juga menetapkan Juara Kreasi Menu Aplikatif dan Favorit, Juara Kreasi Menu Beragam dan Berimbang, Juara Kreasi Cita Rasa dan Penampilan serta Juara Kreasi Menu Aplikatif Usaha Boga. 

Untuk festival tingkat kota ini, telah digaransi bagi juara 1 akan mewakili Kota Bontang menuju festival yang sama di tingkat Provinsi Kaltim.

"Juara 1 Tingkat Kota Bontang Tahun 2019 akan mewakili Kota Bontang pada Festival Pangan Lokal Tingkat Provinsi Kaltim Tahun 2019 yang akan dilaksanakan pada bulan Agustus 2019 di Samarinda," ungkap Kepala DKP3 Kota Bontang (*)

Jurnalis : Kusnadi
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : Bontang TIMES

Komentar

Loading...
Registration