Peristiwa Daerah

Pemuda Jombang Menggagas Kampung Ilmu

Selasa, 23 Juli 2019 - 15:58 | 120.42k
Anak-anak Mojoduwur saat melakukan aktivitas bermain di kampung Ilmu (FOTO: Moh Ramli/TIMES Indonesia)
Anak-anak Mojoduwur saat melakukan aktivitas bermain di kampung Ilmu (FOTO: Moh Ramli/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JOMBANGPemuda Desa Mojoduwur, Kecamatan Mojowarno, Kabupaten Jombang, menggagas Kampung Ilmu pendidikan Mojoduwur. Hal ini dilakukan, agar mutu pendidikan anak-anak di Mojoduwur bisa lebih baik.

Salah satu penggagas Kampung Ilmu Mojoduwur, M Nasihudin mengatakan, ide kampung pendidikan tersebut sudah mulai sejak tahun 2018 lalu. Akhirnya, karena ide tersebut disambut positif oleh semua pemuda di Desa Mojoduwur, pada tanggal 23 April 2019 lalu Kampung Ilmu tersebut mulai aktif.

Anak-anak-Mojoduwur-2.jpg

"Tanggal 23 April itu kami kongkrit memulai aktivitas dan mengajak anak-anak seperti bermain dan membaca. Juga sudah mulai mendata aktivitas kesehari-hari anak di Desa Mojoduwur,” katanya, Selasa (23/7/2019).

Tidak hanya itu, sebelumnya lanjut dia, dari data aktivitas dan survei secara langsung, ternyata anak-anak di Desa Mojoduwur tersebut bisa disimpulkam memang kurang wadah kreatifitas dan bermain.

Namun Nasihudin mengaku, dalam mengsukseskan agendanya itu, pihaknya harus menggandeng pemerintah dan lembaga pendidikan Desa Mojoduwur setempat untuk ikut mengawal agenda pendidikan informal tersebut. “Kami konsolidasi dengan pemerintah desa dan lembaga pendidikan,” jelasnya.

Anak-anak-Mojoduwur-3.jpg

Selain itu, Nasihudin menambahkan, tempat belajar dan bermain kampung pendidikan tersebut, pihaknya memanfaatkan pos-pos kampling yang ada di sekitar Desa Mojoduwur. "Dimana pos tersebut dibuat sebagai wadah permainan tradisional anak - anak, juga diisi seperti kegiatan membaca," ujarnya.

Hal, itu kata dia, dilakukan tanpa harus mengurangi dan mengganggu jadwal belajar anak-anak di sekolahnya masing-masing. Pasalnya, aktivitas itu dimulai pada sore hari saja.

Dia berharap kedepannya, agenda ini bisa berjalan dengan baik dan efeknya positif bagi pertumbuhan pendidikan anak-anak di Desa Mojoduwur. “Semoga Kampung Ilmu di Desa Mojoduwur bisa jadi wisata edukasi dan memotivasi desa lain untuk melakukan hal positif lainnya,” pungkasnya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Jombang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES