Peristiwa - Nasional

Jokowi Minta BMKG Gandeng Aparat untuk Jaga Alat Pemantau

Jokowi Minta BMKG Gandeng Aparat untuk Jaga Alat Pemantau Presiden Jokowi didampingi Menko Kemaritiman bersama para peserta Rakornas BMKG, di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (23/7/2019). (Foto: Setkab RI)
Selasa, 23 Juli 2019 - 14:45

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) bekerja sama dengan aparat keamanan dalam menjaga peralatan seperti pemantau cuaca dan alat pendukung sistem peringatan dini bencana.

"Jangan sampai baru dipasang dua hari barangnya hilang. Baru dipasang seminggu sudah enggak ada barangnya," kata Jokowi dalam sambutannya pada pembukaan Rapat Koordinasi Nasional BMKG tahun 2019 di Istana Negara Jakarta, Selasa (23/7/2019).

Jokowi mengatakan, penjagaan peralatan pemantau merupakan tugas bersama aparat pemerintah dan masyarakat

“Rakyat menjaganya, masyarakat menjaganya, aparat kita juga ikut menjaganya. Karena banyak juga yang enggak tahu, barang apa enggak ngerti,” ucap Presiden, dikutip dari laman setkab.go.id.

Jokowi mengatakan bahwa peralatan berteknologi berperan penting dalam kegiatan pemantauan kerawanan bencana.

Sementara itu, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan bahwa BMKG telah menghasilkan sejumlah inovasi. Dia menyebut di antaranta peralatan pemantau cuaca otomatis untuk layanan informasi meteorologi penerbangan, sistem prakiraan cuaca berbasis dampak, sistem digital peringatan dini kekeringan meteorologis, dan sistem digital penerimaan informasi gempa bumi dan tsunami.

Berbagai inovasi tersebut, kata Kepala BMKG, untuk meningkatkan integrasi komunikasi antara kementerian dengan lembaga lintas sektor dalam upaya mewujudkan keselamatan dan kesejahteraan bangsa. (*)

Jurnalis : Ferry Agusta Satrio
Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : Setkab

Komentar

Loading...
Registration