Indonesia Positif

Pedagang Sayur Lintas Kabupaten Turut Diuntungkan dari TMMD Kodim Tegal

Selasa, 23 Juli 2019 - 13:52 | 83.32k
Pedagang sayur keliling asal Kabupaten Pemalang juga terbantu pembangunan jalan di Tegal. (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)
Pedagang sayur keliling asal Kabupaten Pemalang juga terbantu pembangunan jalan di Tegal. (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, TEGAL – Keuntungan dari pembangunan akses umum masyarakat di Desa Jatimulya, Kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, melalui program TMMD Kodim Tegal, tak hanya akan dinikmati masyarakat setempat saja, melainkan juga luar daerah.

Hal ini dinyatakan Hartono (36) warga asal kabupaten tetangga yaitu, Pemalang. Sebagai pengepul sekaligus penjual sayur keliling, dirinya juga mengambil hasil panen petani yang ada di Jatimulya.

Menurutnya, dengan pembangunan jalan pertanian berupa makadam selebar 3 meter dengan panjang total 2,3 kilometer dan pengaspalan jalan 310 meter lebar 2,5 meter di Dukuh Sigerung, serta pengaspalan jalan antar pedukuhan sepanjang 790 meter lebar 3 meter di Dukuh Grogolan, akan lebih mempercepat waktunya mengumpulkan dagangan.

“Apabila nanti jalannya sudah jadi, maka intensitas saya mengambil sayuran pasti akan lebih cepat,” ucapnya, Minggu (21/7/2019).

Pedagang-sayur-keliling-TMMD-2.jpg

Ia mengaku bahwa, 3 kali dalam seminggu mengambil dagangan ke tempat Slamet (60) warga setempat. Dirinya juga berharap agar pembangunan cepat selesai sehingga bisa tiap hari melakukannya. Hartono juga ikut mendoakan agar cuaca bersahabat sehingga anggota Satgas TMMD dan masyarakat tidak mengalami hambatan yang berarti.

Sementara disampaikan Kepala Desa, Ahmad Zaeni (49), setelah jalan jadi dan bagus nanti, harga jual panen warganya juga akan mengalami peningkatan. Pasalnya, selama ini para pengepul/tengkulak membelinya di kebun dengan harga yang cenderung murah terutama saat musim penghujan. Ini semua tidak terlepas dari kesulitan pengangkutan saat jalan becek dan harus menggunakan traktor pertanian atau kuli panggul, sehingga tentu menambah biaya operasional.

Kini berkat pembangunan dari TMMD Kodim Tegal semuanya menjadi lebih mudah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES