Peristiwa Nasional

Indonesia-Timor Leste Sepakat Selesaikan Batas Darat

Selasa, 23 Juli 2019 - 13:45 | 58.31k
Menko Polhukam Wiranto dan Ketua Perunding Perbatasan Timor Leste, Kay Rala Xanana Gusmao menandatangani kesepakatan batas darat kedua negara, di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin (22/7/2019). (Foto: Kemenko Polhukam)
Menko Polhukam Wiranto dan Ketua Perunding Perbatasan Timor Leste, Kay Rala Xanana Gusmao menandatangani kesepakatan batas darat kedua negara, di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin (22/7/2019). (Foto: Kemenko Polhukam)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pemerintah Indonesia dan Timor Leste telah bersepakat menyelesaikan sengketa wilayah batas darat two unresolved segments, yaitu di Noel Besi, Citrana dan Bidjael Sunan Oben. 

Kesepakatan itu dituangkan dalam dokumen yang ditandatangani oleh Menko Polhukam Wiranto dan Utusan Khusus Pemerintah Timor Leste selaku Ketua Perunding Perbatasan Timor Leste, Kay Rala Xanana Gusmao, di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin (22/7/2019).

Selain itu juga telah disepakati pengaturan teknis terkait dengan Haumeniana-Passabe dan Motaain-Batugede.

Wiranto yang didampingi Menlu Retno Marsudi mengatakan, dengan selesainya two unresolved segments ini maka dapat disampaikan bahwa semua perundingan batas darat kedua negara secara prinsip sudah selesai dan akan dilanjutkan untuk perbatasan maritim.

Selanjutnya kesepakatan ini akan difinalisasi oleh Senior Officials’ Consultation untuk dituangkan dalam Addendum No. 2 dari Perjanjian Batas Tahun 2005, dan nantinya tentunya akan dituangkan dalam perjanjian komprehensif Republik Indonesia dan Timor Leste.

“Dengan rampungnya batas darat RI-Timor Leste maka saya ingin sampaikan bahwa pemerintah Indonesia dan pemerintah Timor Leste sudah mulai sepakat untuk kita mulai melaksanakan perundingan batas maritim,” kata Wiranto, seperti dilansir dari laman setkab.go.id.

Sementara Kay Rala Xanana Gusmao menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah Indonesia terkait penyelesaian masalah perbatasan ini.

Perbatasan Noel Besi-Citrana merupakan wilayah di Kabupaten Kupang, NTT, Indonesia yang berbatasan langsung dengan Oecusse-Ambeno, bagian dari wilayah Timor Leste. Sedangkan Bidjael Sunan-Oben merupakan wilayah yang berada di Manusasi, Kabupaten Timor Tengah Utara, NTT. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES