Peristiwa - Daerah

Pos Pengendalian Kebakaran Gunung Panderman Dipindah

Pos Pengendalian Kebakaran Gunung Panderman Dipindah Petugas saat melakukan pemadaman api di Gunung Panderman sisi Timur. (Foto: istimewa/TIMES Indonesia)
Selasa, 23 Juli 2019 - 13:38

TIMESINDONESIA, BATUPos Pengendalian Bencana Kebakaran Gunung Panderman pada Selasa (23/7/2019) dipindahkan dari Pos Pendakian Gunung Panderman di Dusun Toyomerto, Desa Pesanggrahan ke Peternakan Kuda Megastar, Desa Oro-Oro Ombo, Kota Batu, Jawa Timur.

Pemindahan lokasi Pos Pengendalian Kebakaran Gunung Panderman ini seiring dengan keberhasilan memadamkan api di dua titik dari tiga titik kebakaran, yakni kebakaran di sisi Utara dan Timur Laut.

Sementara satu titik api yang berada di Timur, wilayah Desa Oro-Oro Ombo belum berhasil dipadamkan. Seluruh tim gabungan yang awalnya disebar pada satu titik, kini digabung pada satu fokus, meski penyebaran tim masih tetap dibagi dalam tiga kelompok dengan total jumlah personel 250 orang.

Kebakaran-Gunung-Panderman.jpg

“Api yang masih belum bisa kita padamkan adalah di sisi Timur, wilayah Oro-Oro Ombo. Ada titik api di sini, hari ini kita fokus pemadaman api disini,” ujar Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu, Achmad Choirur Rochiim.

Beberapa titik api memang berada di kawasan yang terjal dan dipenuhi bebatuan, hingga tim harus bergerak memutar agar bisa mencapai lokasi kebakaran yang berada di kawasan hutan pinus ini.

Cara pemadaman manual dengan peralatan pemadam manual dan membuat ilaran tetap dipilih untuk memadamkan api di gunung yang diambil dari nama tuan tanah di era penjajahan kolonial Belanda, Van Der Maan ini. Sebagian personel pemadam tetap disiagakan untuk memantau lokasi hutan yang sudah berhasil dipadamkan. Karena meskipun sudah dipadamkan, masih ada kemungkinan terjadi kebakaran susulan.

“Tetap kita pantau, karena masih ada bara yang tersimpan baik di tanah maupun ditumpukan kayu. Karena itu tetap ada tim yang mengawasi lokasi yang sudah berhasil kita padamkan, kita siapkan urukan tanah di sana,” ujar Rochiim.

Pos-Pantau-Gunung-Panderman.jpg

Sementara itu, Wali Kota Batu, Dra Hj Dewanti Rumpoko MSi sebelum berkantor di Balai Kota Among Tani, berkunjung ke Pos Pengendalian Bencana di Megastar. Ia memberikan dukungan kepada petugas Pemadam Gabungan dari BPBD, TNI, Polri, PMK, Relawan serta LMDH.

Wali Kota mengingatkan keamanan diri petugas yang melakukan pemadaman. Keselamatan diri penting dan harus diutamakan. Dengan dipindahkannya Pos Pengendalian Bencana Kebakaran Gunung Panderman dari Pos Pendakian Gunung Panderman di Dusun Toyomerto, Desa Pesanggrahan ke Peternakan Kuda Megastar, Desa Oro-Oro Ombo, Kecamatan Batu, wali kota berharap api segera bisa dipadamkan. (*)

Jurnalis : Muhammad Dhani Rahman
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Batu

Komentar

Loading...
Registration