Indonesia Positif Ketahanan Informasi Nasional

Medan Berat mampu Ditembus Tim DER-ACT untuk Distribusikan Bantuan di Halsel

Selasa, 23 Juli 2019 - 11:45 | 32.80k
Tantangan medan menuju lokasi terdampak gempa bukan penghalang bagi tim Disaster Emergency Response (DER) – ACT dan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Maluku Utara. Bantuan bagi korban gempa Halmahera Selatan terus disalurkan hingga ke wilayah pelosok.
Tantangan medan menuju lokasi terdampak gempa bukan penghalang bagi tim Disaster Emergency Response (DER) – ACT dan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Maluku Utara. Bantuan bagi korban gempa Halmahera Selatan terus disalurkan hingga ke wilayah pelosok.
FOKUS

Ketahanan Informasi Nasional

TIMESINDONESIA, HALMAHERA SELATAN – Bantuan makanan dan kebutuhan untuk pengungsi korban gempa di Desa Wayatim, Kecamatan Bacan Timur Tengah, Kabupaten Halmahera Selatan dikirim oleh tim Disaster Emergency Response/ DER-ACT dan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Maluku Utara, Minggu (21/7/2019).

Yusnirsyah Sirin Iljas dari tim DER-ACT menjelaskan sulitnya medan untuk dapat mencaoai desa tersebut. Ia mengaku harus melewati jalan terjal, sungai, serta menyeberang lautan dan berjalan kaki.

“Tim harus melewati perjalanan darat, lalu menyeberang sungai lima kali, naik ketinting, dan berjalan kaki,” jelas Yusnirsyah.

ACT-Jatim-2.jpg

Tepat sepekan pascagempa mengguncang, tim DER-ACT mendistribusikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak gempa di Halmahera Selatan. Setibanya di wilayah distribusi, puing-puing reruntuhan tempat tinggal berserakan. Tidak ada alat berat yang sampai ke sana. Warga sebisa mungkin menyingkirkan sisa reruntuhan yang menghalangi jalan.

Tim juga melakukan layanan medis di pos pengungsian serta memberikan layanan psikososial kepada penyintas anak-anak. “Bantuan diberikan kepada warga Desa Wayatim yang masih berada di pengungsian dengan jumlah total pengungsi 62 kepala keluarga,” lanjut Yusnirsyah.

Menurut Yusnirsyah, dalam menjangkau wilayah terdampak gempa di pelosok, sejumlah tantangan masih kerap ditemui. “Akses medan yang masih terbatas, setelah jalur darat lanjut jalur laut. Jaringan sinyal internet, bahkan sinyal telepon di lokasi pun hampir tidak  ada,” ungkapnya.

Walaupun begitu, tim amat bersyukur pendistribusian bantuan berjalan lancar. “Alhamdulillah implementasi dan aksi berjalan lancar. Sebanyak Puluhan kilo gram beras, perlengkapan sanitasi, dan kudapan diberikan kepada warga,” lanjut Yusnirsyah.

DER-ACT juga membuka Posko Kemanusiaan di Kecamatan Bacan, tepatnya di Desa Tomori, Jalan Tugu Ikan Tomori. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES