Peristiwa Daerah

Bandara Abdulrachman Saleh Hari Ini dan Besok Tutup Sampai Jam 12 Siang

Selasa, 23 Juli 2019 - 11:19 | 432.46k
Suasana di pintu masuk Bandara Abdulrachman Saleh Malang, Selasa (23/7/2019). (foto: Widodo Irianto/TIMES Indonesia)
Suasana di pintu masuk Bandara Abdulrachman Saleh Malang, Selasa (23/7/2019). (foto: Widodo Irianto/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Selama dua hari,  Selasa (23/7/2019) hari ini dan Rabu (24/7/2019) besok, jadwal penerbangan di Bandara Abdulrahman Saleh MalangJawa Timur mengalami perubahan. Dalam dua hari ini, bandara akan ditutup sampai pukul 12.00 WIB untuk kemudian kembali beroperasi normal.

Ini terjadi karena bandara digunakan untuk latihan perang TNI AUAngkasa Yudha 2019.

Bahkan besok adalah puncak acara yang akan ditandai dengan penembakan dari udara dengan sasaran di kawasan pantai Pandangwangi, Lumajang.

Bandara-Abdulrahman-Saleh-2.jpgSebagian penumpang memilih masuk menunggu di ruang tunggu keberangkatan. (foto: Widodo Irianto/TIMES Indonesia)

Bandara ditutup karena jet-jet tempur terpusat di Lanud Abdulrachman Saleh Malang, diantaranya Sukhoi, Skyhawk. Sedangkan F-16 terbang dari Lanud Iswahyudi Madiun.

"Kami mohon maaf karena hari ini dan besok, Bandara Sipil Abd Saleh Malang ditutup sampai jam 12.00 siang," kata Petrus, salah seorang pegawai UPT Bandara Abdulrachman Saleh Malang.

Meski hari ini bandara ditutup, namun banyak penumpang dari sejumlah maskapai yang tetap memilih terbang ke Jakarta lewat Abdulrachman Saleh Malang.

"Kami tadi malam sudah diberitahu lewat SMS kok. Karena itu kami menunggu saja disini," kata Yayuk, salah seorang penumpang Citylink.

Suasana Bandara Sipil Abdulrcahman Saleh Malang pagi ini juga tampak biasa-biasa saja. Sejumlah penumpang sebagian menunggu di pintu masuk sebagian lagi menunggu di ruang keberangkatan. Tidak ada ketegangan antara penumpang dengan pihak maskapai karena mereka sudah diberitahu tadi malam.

BERITA TERKAIT: Ada Latihan Militer, Bandara Abdul Rachman Malang Ditutup

Deru jet-jet tempur di landasan pacu Lanud Abdulrachman Saleh malah menjadi hiburan tersendiri bagi mereka, terutama saat jet-jet itu landing maupun take off.

Kepala Staf Angkatan Udara, Marsekal TNI Yuyu Sutisna, Kamis (18/7/2019) malam sempat menyaksikan sendiri latihan perang di Lanud Abdulrachman Saleh mulai penembakan, penerjunan serta evakuasi pasukan dalam keadaan gelap gulita.

Angkasa Yudha 2019 kali ini dilaksanakan secara besar-besaran melibatkan tiga Pangkalan TNI AU, yakni Lanud Iswahyudi Madiun, Lanud Abd Saleh Malang dan Pangkalan TNI AU Surabaya. Melibatkan sedikitnya 70 pesawat tempur dari 18 skuadron yang dimiliki TNI AU.

Latihan ini memang berpengaruh terhadap jadwal penerbangan sipil di Malang.  Sebab selama dua hari,  hari ini Selasa (23/7/2019) dan Rabu (24/7/2019) besok, Bandara Sipil Abdulrachman Saleh akan ditutup sampai jam 12.00 WIB. Ini karena bandara menjadi home base pesawat-pesawat tempur TNI AU untuk latihan perang TNI AU,  Angkasa Yudha 2019. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES