Ketahanan Informasi

Komandan Kodim 0824 Jember Hadiri Pagelaran Wayang Kulit Hari Bhakti Adyaksa ke-59

Komandan Kodim 0824 Jember Hadiri Pagelaran Wayang Kulit Hari Bhakti Adyaksa ke-59 Pertunjukan Wayang Kulit Hari Bhakti Adyaksa 59. (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)
Senin, 22 Juli 2019 - 18:55

TIMESINDONESIA, JEMBER – Pada Minggu (21/7/2019) malam bertempat di halaman Kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Jember  dilaksanakan pagelaran wayang kulit dalam rangka memberingati Hari Bhakti Adyaksa ke-59 sekaligus HUT ke-19 Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Tahun 2019.

Hadir pada acara terebut di antaranya Bupati Jember dr Faida, Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar, Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo, Kepala Pengadilan Negeri (PN) Jember, dan sejumlah pejabat. Semuanya mengenakan busana adat Jawa.

Kodim-Jember-Wayang-Kulit-2.jpg

Dalam sambutannya, Kajari Jember menyampaikan bahwa sengaja pada peringatan Hari Bhakti Adyaksa dan HUT ke-19 Ikatan Adhyaksa Dharmakarini dengan menyelenggarakannya wayang kulit dengan Ki Dalang Edi Siswanto dari Ambulu.

"Hal ini tentunya dalam rangka mengangkat kearifan lokal serta melestarikan budaya bangsa Indonesia khususnya kesenian Jawa yaitu wayang kulit," kata Ponco.

Bupati Jember dr Faida menyampaikan terima kasih selama ini kerja sama Kejaksaan Negeri Jember dengan Pemkab Jember, dan bersama-sama membangun Jember.

"Patut kita apresiasi bersama, apalagi dengan kepemimpinan bapak Ponco Hartanto banyak permasalahan besar yang mampu terselesaikan sehingga menjadikan prestasi tersendiri bagi Kejaksaan Negeri Jember di mata masyarakat," ujar dia.

Usai kegiatan protokoler tersebut mengawali acara hiburan pagelaran wayang kulit Kepala Kejaksaan Negeri Jember ponco Hartanto yang selama ini menjadi sesepuh Forkopimda Jember, mendaulat Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar untuk menembangkan lagu bersama campursari dan sinden.

Kodim-Jember-Wayang-Kulit-3.jpg

Selanjutnya Komandan Kodim mendaulat Bupati Jember naik ke atas pentas, yang pada akhirnya mengajak semua pejabat dan tokoh dalam undangan untuk bersama-sama membawakan lagu dan naik di atas pentas.

Kegiatan selanjutnya dilakukan penyerahan Gunungan Wayang Kuli dari Kajari Jember Ponco Hartanto didampingi Forkopimda kepada Ki Edi Siswanto menandai dimulainya hiburan pagelaran wayang kulit yang mengambil lakon Wahyu Ponco Dharmo.

Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar di sela-sela kegiatan tersebut menyampaikan Selamat Hari Bhakti Adyaksa ke-59, dan HUT ke-19 Ikatan Adhyaksa Dharmakarini.

"Semoga selalu jaya dalam mengabdikan diri kepada nusa dan bangsa Indonesia," ucapnya.

Dia mengatakan, kegiatan itu patut didukung bersama.

"Sungguh sangat ironis kalau bangsa-bangsa Eropa ingin dan mau belajar pewayangan dan budaya di Indonesia kalau kita sendiri tidak mengenal wayang atau budaya kita, sebagai warisan luhur bangsa Indonesia yang harus kita jaga kelestariannya," tutup dia. (*)

Jurnalis : Siswandi (CR-125)
Editor : AJP-10 Editor Team
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Komentar

Loading...
Registration